Bang Jack, Tukang Parkir yang Dirikan Sekolah
  • 135
  • 0
  • 0
  • 0

Juru parkir Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (UNPAD), Undang Suryaman boleh jadi contoh sosok inspiratif yang memiliki integritas tinggi. Bagaimana tidak, dengan bayaran dari pekerjaannya sehari-hari, Undang sukses mendirikan TK dan TPA gratis bagi warga sekitar Desa Babakan Loa, Kecamatan Rancaekek, Bandung.


Undang yang sehari-hari disapa Bang Jack merasa terpanggil untuk berbuat sesuatu  bagi warga di kampungnya karena pengalaman sulit di masa lalunya. "Saya inisiatif mendirikan sekolah gratis karena teringat latar belakang pribadi yang dahulu ingin sekolah namun terbentur masalah dana," kata Bang Jack.


TK dan TPA yang didirikan itu bernama Araudhatul Jannah. Saat ini sekolah Bang Jack itu telah menampung lebih dari 130 peserta didik yang sebagian besar merupakan anak-anak sekitar Desa Babakan Loa.


"Ketika baru didirikan tahun 2001 lalu, muridnya hanya 18 orang dan kelasnya memakai area masjid, muridnya masih anak dari satu RT, tapi sekarang sudah meluas," kata dia.


Bang Jack pun mendapat dukungan penuh dari pihak keluarga dan teman sejawat. Salah satu bentuk dukungannya adalah dengan menjadi relawan tenaga pengajar tanpa upah bagi para siswa.


"Saat ini tenaga pengajar selain dari pihak keluarga juga dari teman-teman relawan yang mau mengajar tanpa dibayar, bantuan seperti buku sekolah juga mulai berdatangan," tutur pria yang telah bekerja menjadi juru parkir di Fakultas Ilmu Komunikasi UNPAD sejak 1992 itu.


Bang Jack terus menjaga semangat agar sekolahnya itu tetap bisa menjadi solusi bagi warga di sekitarnya, sekaligus memfasilitasi siswa yang membutuhkan pendidikan usia dini.


"Kekurangan materi jangan menjadi halangan untuk bergerak membantu sesama. Selama niatnya ikhlas tidak untuk mengejar keuntungan, pasti akan selalu ada jalan," tandasnya.




Sumber foto : Inspiratorfreak.com