Bang Dzoel : Fotografer Penyandang Disabilitas Mampu Pukau Dunia
  • 127
  • 0
  • 0
  • 0

Tak hanya menjadi orang-orang yang memiliki keterbatasan fisik, Achmad Zulkarnain atau yang akrab disapa Bang Dzoel mampu dikenal dunia lewat karya-karya fotografinya. Pria 24 tahun asal Kota Banyuwangi ini membuktikan bahwa terlahir tanpa kedua tangan dan kaki, tak serta-merta mematahkan arang untuk terus berkarya.

Seperti dilansir Brilio.net, dalam keseharian, Bang Dzoel dikenal sebagai penjaga warung internet (warnet). Namun, tak jarang pula orang mengenalnya sebagai sebagai fotografer. Sejak lama, ia memang telah menaruh minat di dunia fotografi yang dimulainya dari hobi. Bang Dzoel mengaku, dirinya tak pernah menggunakan bantuan tripod dalam membidik objek. Sebegitu cintanya ia pada dunia fotografi, Bang Dzoel pun pun rela mengkredit kamera. Usai memiliki kameranya sendiri, Bang Dzoel mendalaminya secara otodidak. Meski tak memiliki jari seperti manusia lainnya, Bang Dzoel tetap bisa menggunakan kamera DSLR. Ia mengoperasikan kamera dengan anggota tubuh lain yang ia miliki.

Dari belajar otodidak inilah, karya-karya mengagumkan muncul. Sosok Bang Dzoel pun semakin dikenal sebagai fotografer handal. Bang Dzoel memukau pecinta fotografi melalui karya-karyanya yang luar biasa. Tak heran apabila media asing Al Jazeera sampai mengulik profilnya secara khusus.

Dalam perjalanan hidupnya, Bang Dzoel sempat diremehkan dan dipandang sebelah mata. Seperti kata pepatah ‘anjing menggonggong kafilah berlalu’, ia membalas semua cibiran dengan karya nyatanya. Salah satu karya yang dipandang masyarakat adalah fotonya di Kawah Ijen, dengan ketinggian 2800 meter dari permukaan laut.

Bang Dzoel pun memiliki pandangan, "Jika seseorang menginginkan untuk menjadi yang terbaik, maka hapuslah pikiran bahwa kita adalah penyandang disabilitas. Karena untuk menjadi yang terbaik itu tidak harus sempurna,” ujarnya. 


Sumber foto: Instagram.bangdzoel