Semangat Bersatu Lawan COVID-19

Semangat Bersatu Lawan COVID-19

  • 91
  • 0
  • 0
  • 0

0%
Siap laksanakan Min!
0%
Takut Corona :(


https://twitter.com/Aprirudiy/status/1243198229702795264

Sobat Revmen, mimin mau bagi kisah inspiratif dari masyarakat di Dusun Patuk, Sardonoharjo Kecamatan Ngaglik Sleman DIY dalam upaya melawan Covid-19. Mimin menemukan postingan inspiratif dari akun @Aprirudiy milik Mas Apri Rudiyanto salah satu warga Dusun Patuk yang menceritakan bagaimana masyarakat bersatu melawan Covid-19.

Berawal dari keresahan warga bahwa ada anggota warga di Desa lain sekitarnya yang kembali dari DKI Jakarta yang mengalami gejala Covid-19 dan harus diisolasi di RSUD Murangan Sleman. Masyarakat Dusun Patuk berinisiatif untuk bergotong-royong membangun gerbang desinfektan yang dibangun di jalan akses keluar masuk Dusun. Tujuannya menurut Mas Apri agar setiap mobilitas kendaraan dan orang yang memasuki dusun bisa disterilisasi menggunakan desinfektan supaya terbebas dari virus. Kemudian dalam tweet-nya mas Apri juga menjelaskan bagaimana proses dan bahan yang dipakai untuk proses pembuatan gapura/gerbang desinfektan otomatis sebagai berikut;

1.     Baja ringan, Panjang 4m, tinggi 4m 

2.     Selang tubing, sambungan, spuyer semprot. Pasang dibagian samping kanan, kiri dan atas. 

3.     Sensor gerak, pompa air, switching power. Sambungkan sensor gerak, pompa air ke switching power. 

4.     Drum plastik, selang. Pasang selang ke mesin pompa dan drum plastik berisi desinfektan. 

5.     Kabel

Tweet mas Apri direspon baik oleh beberapa netizen tweeter dan beliau menjelaskan detil biaya yang diperlukan untuk pembuatannya sekitar 7 juta rupiah, selengkapnya sobat bisa mampir ke profil twitter @Aprirudiy atau di thread yang udah dibuat yaaa https://twitter.com/Aprirudiy/status/1243531167581614080

Menghadapi pandemi ini kita tidak boleh panik, harus tetap tenang dan waspada. Mimin terkesan dengan semangat warga dusun Patuk, Sardonoharjo ditengah musibah seperti ini bisa tergerak untuk bersatu, gotong-royong melawan Covid-19. Gerakan masyarakat seperti ini juga sejalan dengan #GerakanIndonesiaBersatu. Mari kita teladani semangat kawan-kawan kita ini dengan bersatu melawan Covid-19.

Terakhir, Mimin mau mengajak Sobat Revmen untuk selalu waspada, tenang, selalu berfikir positif dan bersatu melawan Covid-19. Pencegahan dimulai dari diri sendiri dengan pola hidup bersih dan sehat, menerapkan pola hidup bersih dalam keluarga, mengurangi aktivitas diluar rumah yang tidak diperlukan agar membatasi penyebaran virus. Tidak hanya itu, berita yang banyak selama ini tetang wabah Covid-19 membuat psikologis masyarakat terganggu (ketakutan, kekuatiran yang berlebihan) karena berita-berita yang simpang siur, oleh sebab itu mari ikut sebarkan berita positif mengenai upaya penanggulangan Covid-19 seperti upaya yang dilakukan warga Dusun Patuk Sardonoharjo agar tercipta optimisme di masyarakat luas melawan Covid-19, bersama  kita bisa stop penyebaran Covid-19, semangat terus Sobat Revmen!