PUASA RAMADHAN DITENGAH PANDEMIK COVID-19

PUASA RAMADHAN DITENGAH PANDEMIK COVID-19

  • 48
  • 0
  • 0
  • 0

0%
tetep semangat
0%
makin lemes

Ramadhan tiba…

Ramadhan tiba…

 

Selamat menjalani ibadah di bulan suci ramadhan ini sobat Revmen, kita semua tidak pernah membayangkan kalau puasa tahun ini akan berbeda dengan puasa ditahun-tahun sebelumnya.

Ya tentu saja, puasa kali ini sangat berbeda sobat, karena puasa saat ini kita berada di tengah meluasnya penyebaran COVID-19.

 

Hem, kalau puasa di tengah COVID-19 ini, kira-kira apa ya yang perlu sobat Revmen semua persiapkan agar tetap bisa menjalankan ibadah puasa dengan maksimal?

1.  Memperhatikan Asupan Gizi

Kekebalan tubuh yang ekstra saat bulan suci Ramadan juga harus tetap jadi prioritas apalagi saat ini kita berpuasa di tengah mewabahnya virus Corona. Selain mempertahankan stamina di kala bekerja dan berpuasa, cukup asupan gizi pun bisa meminimalkan risiko terpapar virus Corona. Untuk itu, penting agar memperhatikan asupan gizi dan hidrasi saat berbuka. Cara mudahnya, kamu bisa mengonsumsi makanan segar dan bukan kemasan, serta memperbanyak minum air putih.

2. Tetap Melakukan Aktivitas Fisik

Meskipun sedang berpuasa di tengah pandemi COVID-19, WHO tetap menganjurkan untuk melakukan aktivitas fisik sobat. Namun dalam hal ini tentu saja ada pembatasan secara intensitas dan jenis gerakan yang dipilih, hal ini penting untuk tetap menjaga kebugaran. Adapun guna menerapkan pembatasan sosial, olahraga di dalam ruangan dan mengikuti kelas online lebih dianjurkan ketimbang harus beraktivitas di luar ruangan.

3. Dianjurkan Tidak Merokok

Anjuran lainnya saat berpuasa di tengah pandemi Corona adalah dengan tidak merokok. Sebab penggunaan tembakau tidak disarankan selama Ramadan dan saat pandemi COVID-19. Sebab, perokok umumnya sudah memiliki kapasitas paru-paru yang berkurang. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko seseorang terjangkit virus Corona dan menyebabkan seseorang tidak bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik.

4. Jaga Jarak dan Jaga Kebersihan Selama Beramal

Anjuran berpuasa di tengah pandemi virus Corona berikutnya menurut WHO adalah menjaga jarak dan menjaga kebersihan selama beramal di bulan suci Ramadan. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa bulan ramadhan rasanya tidak lengkap tanpa pemberian amal kepada orang yang membutuhkan dan para yatim piatu. Apabila kamu hendak bersedekah, pastikan anjuran untuk pembatasan fisik dan menjaga kebersihan diri tetap diterapkan. Pembatasan fisik pun perlu dilakukan dengan menghindari perkumpulan besar dan memberlakukan antrian, menggunakan pelindung diri seperti masker, menghindari menyentuh wajah serta senantiasa mencuci tangan dengan sabun.

 

Selamat beribadah di bulan Ramadhan sobat Revmen, dengan sedikit info yang mimin berikan ke kalian semoga bermanfaatnya…

 

#Ayoberubah

#IndonesiaBersih

#Indonesiabersatumelawancovid-19