Mudah Akses Data dengan Bikin Asik

Mudah Akses Data dengan Bikin Asik

  • 30
  • 0
  • 0
  • 0

0%
Mantul Min
0%
Keren

Inovasi

Foto: (sumber: youtube.com)

Menjawab kebutuhan masyarakat serta ketepatan penentuan kebijakan publik untuk mengakses data terutama statistik, layanan Bikin Asik pun dirintis. Manfaatnya semakin dirasakan, penghargaan layanan publik inovatif pun diberikan.

 

Sudah dipahami bersama jika internet terus menyediakan aneka data dan lagi besar kapasitasnya dalam menjawab kebutuhan data para Peselancar Dunia Maya. Mereka yang mencari data pun kerap dibingungkan seputar mana data yang paling tepat dengan kebutuhannya. Hal ini juga terjadi oleh mereka sebagai pembuat kebijakan terutama saat menyusun perencanaan, kebijakan, dan kajian/penelitian. Kebingungan data ini dapat diakibatkan oleh perbedaan konsep yang digunakan, waktu pelaksanaan pengumpulan data, atau ruang lingkup datanya, sementara para penyedia data diketahui tidak mempunyai pemahaman yang sama atas data statistik yang disajikan.

 

Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi yang didukung oleh seluruh pimpinan pemerintah Provinsi Jambi, DPRD, OPD/lembaga, akademisi, media massa, dan masyarakat umum pun coba menjawab kebingungan soal data ini dengan mengembangkan inovasi jamBI terKINi dalam Aplikasi StatistIK (Bikin Asik). Inovasi ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam memperoleh data dan informasi statistik dengan cepat, tepat, murah, dan dapat diakses di manapun.

 

Bikin Asik juga menyediakan forum data di mana setiap orang bisa berkonsultasi tanpa tatap muka. “Di sana kita juga menjawab pertanyaan atau konsultasi kalau ada pengguna data ingin mengetahui lebih lengkap lagi mengenai bagaimana menerjemahkan data tersebut,” Kepala BPS Suhariyanto mengatakan melalui Bikin Asik, masyarakat dapat mengakses data, mengunduh buku, serta memperoleh berita statistik dengan mudah. 

 

Inovasi Bikin Asik ini berupa aplikasi yang dapat diunduh di Play Store dan App Store. Di sisi lain, inovasi itu juga membentuk cara kerja baru dalam meningkatkan kemampuan SDM penyedia data statistik sektoral. “Kita ingin membentuk sebuah sistem budaya kerja yang baru dimana konsultasi dan sebagainya bisa dilakukan lewat jari dengan menggunakan smartphone,” imbuh Suhariyanto lagi. Selain mempermudah masyarakat dalam mengakses data, Bikin Asik juga memiliki manfaat lainnya di antaranya mengedukasi masyarakat terkait pentingnya statistik; mempermudah pengguna dalam melakukan konsultasi statistic; menghilangkan dispute data antar-penyedia data; serta menjadi wadah komunikasi melalui forum data bagi penyedia data untuk data berkualitas.

 

Diimplementasikan sejak tahun 2017, aplikasi ini merupakan aplikasi asli buatan Putra/Putri terbaik dari BPS dan bukan adaptasi ataupun replikasi dari inovasi lain. Meski memang dalam pengembangannya terdapat kendala seperti koordinasi dalam menggandeng pemerintah daerah, kementerian/lembaga untuk dapat memahami dan menyatukan semangat dalam mewujudkan satu data. “Jadi di awal-awal koordinasi itu tidak mudah karena itu kita minta dukungan dari pimpinan daerah yang paling tinggi tentunya dari bapak gubernur, jadi kalau bapak gubernurnya sudah dapat, menginstruksikan ke bawahnya mudah,” ungkap Suhariyanto.

 

Setelah masuk dalam jajaran Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik tahun 2018 dan di tahun 2020 masuk dalam Top 45 dalam ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2020 kategori lembaga negara, kini Bikin Asik telah direplikasi baik oleh pemerintah daerah maupun pusat di antaranya yaitu Pemerintah Kabupaten Sarolangun Jambi, BPS Sumatera Selatan, BPS Jawa Timur dan BPS RI. Suhariyanto mengatakan bimbingan diberikan secara gratis bagi instansi yang meminta untuk mereplikasi inovasi Bikin Asik. Berbagai dukungan disampaikan oleh pengguna Bikin Asik untuk tetap eksis terutama di tengah pandemi Covid-19, karena Bikin Asik memberikan manfaat yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja oleh pengguna.

 

Suhariyanto berharap inovasi Bikin Asik mampu menjawab kebutuhan masyarakat secara optimal. Untuk menarik minat masyarakat terhadap statistik, inovasi Bikin Asik tidak hanya menyajikan data tetapi juga infografis yang mudah dilihat dengan penuh warna. “Jadi harapannya kedepan akan semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan teknologi ini,” pungkasnya. (*)

 

Diolah dari berbagai sumber