INDONESIA TERTIB MELAKSANAKAN PSBB

INDONESIA TERTIB MELAKSANAKAN PSBB

  • 34
  • 0
  • 0
  • 0

0%
Sudah tau donk min
0%
Belum tau nih

Hai sobat Revmen, kalian semua pasti udah dengar dari sejumlah media massa kalau beberapa wilayah di Indonesia seperti: DKI Jakarta, Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, dan beberapa wilayah provinsi Banten telah menerapkan sistem PSBB.

Hem pasti kalian sempat bertanya-tanya apa sih itu PSBB. Penasarankan sobat, kali ini mimin ingin memberi informasi kepada kalian mengenai PSBB. PSBB merupakan singkatan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Sebagai salah satu upaya dalam penanganan pandemik COVID-19, pemerintah telah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) untuk mencegah semakin meluasnya penularan COVID-19. Penerapan PSBB ini telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada Selasa (31/3/2020).

Sementara itu, untuk detail teknisnya dan syarat-syarat mengenai PSBB telah dituangkan dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang ditandatangani oleh Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto sobat Revmen.

PSBB ini dilaksanakan selama masa inkubasi terpanjang dan dapat diperpanjang jika masih terdapat bukti penyebaran. Permenkes itu menjelaskan, sekolah dan tempat kerja diliburkan kecuali kantor atau instansi strategis yang memberikan pelayanan seperti:

 

1.     pertahanan dan keamanan

2.     ketertiban umum

3.     kebutuhan pangan

4.     bahan bakar minyak dan gas

5.     pelayanan kesehatan

6.     perekonomian

7.     keuangan

8.     komunikasi

9.     industri

10.  ekspor dan impor

11.  distribusi logistik, dan kebutuhan dasar lainnya.

 

Pada pembatasan kegiatan keagamaan, dilaksanakan dalam bentuk kegiatan keagamaan yang dapat dilakukan di rumah dan dihadiri keluarga terbatas dengan menjaga jarak setiap orang. Di luar itu, kegiatan keagamaan dilakukan dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan, dan fatwa atau pandangan lembaga keagamaan resmi yang diakui oleh pemerintah

 

 

Lalu bagaimana untuk pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum. Kegiatan dapat dilaksanakan dalam bentuk pembatasan jumlah orang dan pengaturan jarak orang. Namun, Kegiatan tersebut terkecuali untuk:

 

1.     supermarket, minimarket, pasar, toko atau tempat penjualan obat-obatan dan peralatan medis kebutuhan pangan, barang kebutuhan pokok, barang penting, bahan bakar minyak gas dan energi.

2.     fasilitas pelayanan kesehatan atau fasilitas lain dalam rangka pemenuhan pelayanan kesehatan.

3.     tempat atau fasilitas umum untuk pemenuhan kebutuhan dasar penduduk lainnya termasuk kegiatan olahraga.

 

 

Bagaimana sobat Revmen, inilah sekilas tentang PSBB yang telah mulai diberlakukan saat ini. Dimanapun kalian berada saat ini, mimin berharap dan mengingatkan kalian untuk selalu menggunakan masker saat keluar luar rumah. dan yang terpenting lagi #dirumahaja, jangan keluar rumah jika tidak ada keperluan yang sangat-sangat penting.

Yuk sobat, kita tertib dalam mematuhi aturan pelaksanaan PSBB

#Indonesiabersatumelawancovid-19

#AYOBERUBAH

#IndonesiaTertibmelaksanakanpsbb