Etos Kerja: Pertahankan yang Baik, Kalau Perlu Ditingkatkan

Etos Kerja: Pertahankan yang Baik, Kalau Perlu Ditingkatkan

  • 25
  • 0
  • 0
  • 0

0%
ayo berubah
0%
layani indonesia

Kabar

Foto: (sumber: menspire.id)

 

Etos Kerja: Pertahankan yang Baik, Kalau Perlu Ditingkatkan

 

Etos kerja baik yang sudah dilakukan hendaknya mampu menyesuaikan diri dengan situasi Pandemi Covid-19. Bahkan harus lebih ditingkatkan, demikian imbauan Presiden Joko Widodo.

 

Presiden Joko Widodo kembali mengimbau kepada seluruh Masyarakat Indonesia untuk dapat mengambil pelajaran dari Pandemi Covid-19, salah satunya yaitu mengubah pola pikir dalam menghadapi dinamika kehidupan. Selain itu untuk para pekerja, imbauan Presiden adalah etos bekerja harus ditingkatkan selama Pandemi Covid-19 ini. “Pola pikir dan etos kerja kita harus berubah. Fleksibilitas, kecepatan, dan ketepatan sangat dibutuhkan,” kata Presiden Joko Widodo lagi dalam Sidang Tahunan MPR, jelang Peringatan Hari Kemerdekaan RI, pertengahan Agustus lalu.

 

Menurut Presiden Joko Widodo, situasi pandemi ini juga memaksa kita semua yang bekerja untuk mau meninggalkan ritme kerja yang lama menjadi kerja yang ekstra normal. “Dari cara-cara biasa menjadi cara-cara luar biasa. Dari prosedur panjang dan berbelit menjadi smart short cut,” ujarnya lagi. Kepala Negara itu menambahkan, efisiensi, kolaborasi, dan penggunaan teknologi harus diprioritaskan. Kedisiplinan nasional dan produktivitas nasional harus ditingkatkan. “Jangan sia-siakan pelajaran yang diberikan oleh krisis. Jangan biarkan krisis membuahkan kemunduran. Justru momentum krisis ini harus kita bajak untuk melakukan lompatan kemajuan. Saudara-saudara se-Bangsa dan se-Tanah Air, Perjuangan untuk menghambat penyebaran Covid-19, mengobati yang sakit, dan mencegah kematian sudah luar biasa kita lakukan,” tambah Presiden Joko Widodo seperti dikutip dari okezone.

 

Bicara tentang etos kerja memang tidak dapat dipisahkan dengan kualitas sumber daya manusia. Upaya meningkatkan sumber daya manusia akan menjadikan seseorang mempunyai etos kerja keras. Tinggi rendahnya etos kerja suatu masyarakat dipengaruhi oleh ada atau tidaknya struktur ekonomi, yang mampu memberikan insentif bagi anggota masyarakat untuk bekerja keras dan menikmati hasil kerja keras mereka dengan penuh. Etos kerja juga dapat tumbuh dengan motivasi intrinsik Individu. Mereka yang akan memiliki etos kerja yang tinggi adalah individu yang bermotivasi tinggi. Etos kerja merupakan suatu pandangan dan sikap yang didasari oleh nilai-nilai yang diyakini seseorang. Mari ubah etos kerja kita demi kehidupan yang lebih baik! (*)

 

Diolah dari berbagai sumber

 


#ayoberubah