Bijak Menggunakan Kantong Plastik

Bijak Menggunakan Kantong Plastik

  • 19
  • 0
  • 0
  • 1

100%
Setuju banget donk!
0%
Setuju

Sobat Revmen, kantong plastik sudah umum dan secara rutin digunakan masyarakat setiap kali berbelanja. Terutama yang berkaitan dengan urusan bungkus-membungkus. Tapi sayangnya kantong plastik membawa dampak buruk bagi lingkungan nih Sobat.

Menurut data terbaru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kelautan (KLHK) jumlah rata-rata produksi sampah Indonesia mencapai 175.000 ton per hari atau setara dengan 64 juta ton pertahun. Jumlah sebanyak itu menjadikan Indonesia sebagai negara nomor dua penghasil sampah terbanyak menurut data dari McKinsey and Co dan Ocean Conservancy. Kebayang engga sobat kalo sampah sebanyak itu terus menumpuk setiap harinya? 


Atas dasar inilah kita harus mulai sadar bahwa penggunaan kantong plastik akan menimbulkan dampak buruk bagi masa depan lingkungan. Mimin pengen ajak Sobat Revmen semua lebih bijak dalam menggunakan kantong plastik. Mimin mau kasih 3 tips simpel yang bisa kita lakukan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik agar lebih peduli terhadap masa depan lingkungan kita.


1. Bawa Tas Belanja dari Rumah

Jarang orang yang mempraktekkan kebiasaan untuk membawa goodie bag atau tas belanjai dari rumah, terutama saat belanja ke pasar. Kebanyakan lebih memilih pakai plastik dari penjual karena alasan lebih praktis dan gratis, sebenernya kebiasaan buruk ini harus mulai diubah sobat. Simpel aja mungkin sobat bisa bawa tas belanja dari rumah, atau pastiin di kendaraan sobat terdapat tas belanja ya. Jadi ketika Sobat pergi belanja bisa langsung digunakan.


2. Jangan Pakai Kantong Plastik jika Tidak Perlu

Seringkali kita membeli barang belanjaan yang jumlahnya sedikit bahkan mungkin hanya satu buah. Misal kita hanya beli obat nyamuk, permen ataupun satu buah lampu. Seharusnya belanjaan ini tak perlu menggunakan kantong plastik, cukup ditenteng ya Sobat kan tidak merepotkan.


3. Jangan Buang Plastik Sekali Pakai

Kebiasaan “sekali pakai buang” perlu juga dihilangkan. Jika masih layak pakai, kantong plastik bisa disimpan, kemudian bisa dipakai lagi dikemudian hari saat membutuhkan. Selain itu usahakan pakai kantong plastik yang ramah lingkungan ya Sobat, sudah banyak beredar di pasaran kok kantong plastik yang mudah terdegradasi.


Yuk Sobat, lebih bijak lagi ya menggunakan plastik demi terwujudnya Indonesia bersih!

#AYOBERUBAH #GERAKANINDONESIABERSIH