Warga Penerima Rak Hidroponik Mulai Semai Bibit Tanaman
  • 266
  • 0
  • 0
  • 0

Warga yang menerima rak hidroponik dari Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta hari ini mulai menyemai bibit tanaman.

Akhir Desember 2017 nanti, tanaman tersebut diharapkan sudah dapat dipanen dari 44 rak hidroponik yang didistribusikan kepada warga sejak November lalu.

Kepala Seksi Pertanian Perkotaan Dinas KPKP DKI Jakarta, Taufik Yulianto mengatakan, penyemaian tamanan dilakukan warga yang menerima rak hidroponik secara serentak.

"Rencananya hari ini warga yang mendapat rak hidroponik serentak melaksanakan persemaian," ujarnya, Selasa (5/12).

Ia menyebutkan, beberapa benih sayuran yang ditanam dalam rak hidroponik di antaranya bayam batik, pakcoy, dan kangkung.

"Kita harapkan pada tanggal 28 Desember, warga sudah bisa menikmati hasil panen sayur," ucapnya.

Menurut Taufik, pihaknya akan terus melakukan pendampingan terhadap warga yang mendapatkan rak hidroponik. Sehingga tanaman yang ditanam bisa dimanfaatkan dengan baik dan benar.

Perlu diketahui, warga yang  menerima rak hidroponik telah mendapatkan pelatihan dari Dinas KPKP.

Setidaknya ada 44 rak hidroponik yang didistribusikan kepada warga. Rak tersebut disebar ke kelompok tani, Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), sekolah, kantor pemerintah, rumah susun (rusun) dan tempat lainnya.

"Kemarin kami lakukan evaluasi dan monitoring untuk memastikan ke warga yang mendapatkan rak hidroponik, serta pelatihan cara memanfaakan rak hidroponik," tandasnya.

Hal ini mencerminkan bagian dari Indonesia Melayani dalam menggerakkan nilai-nilai yang terkandung dalam Revolusi Mental. [Is]

Sumber: http://www.beritajakarta.id/read/52641/warga-penerima-rak-hidroponik-mulai-semai-bibit-tanaman#.Wigc5lWWY1I