Universitas Brawijaya Malang, Satu-satunya Sumber Dokter Spesialis Emergency Medicine di Indonesia
  • 297
  • 0
  • 0
  • 0

Fakultas Kedokteran dengan program doktor spesialis Emergency Medicine hanya dimiliki oleh Universitas Brawijaya (UB) Malang dan menjadi satu-satunya di Indonesia.

Bahkan, lulusannya telah menyelamatkan banyak jiwa di luar Malang. Mulai Aceh hingga Kupang. Terhitung 41 lulusan telah dikirimkan UB, agar sistem merata dan pasien tertangani dengan baik.

Dalam mendorong gerakan Indonesia Melayani, dokter spesialis Emergency Medicine (EM) RS Saiful Anwar Malang, Dr Ali Haedar SpEM, berujar bahwa kebutuhan dokter spesialis EM di Indonesia banyak lantaran dokter jaga di UGD adalah dokter umum baru lulus atau belum miliki cukup pengalaman.

Dengan ikut andilnya dokter spesialis EM dalam penanganan pasien, mampu meningkatkan angka harapan hidup.

“Saya pernah melakukan penelitian dengan target jumlah pasien yang diharapkan hidup adalah 100 orang. Namun dengan penanganan tim yang melibatkan dokter spesialis EM, pasien yang hidup sejumlah 109 orang dan melampaui target,” terang Haedar.

Tahun ini, tercatat 30 mahasiswa jalankan pendidikan EM. Sedangkan tahun depan, UI dan UGM bersiap membuka jurusan yang sangat diharapkan di Indonesia ini. [Is]

Sumber: http://suryamalang.tribunnews.com/2017/12/05/universitas-brawijaya-malang-satu-satunya-penyuplai-dokter-spesialis-emergency-medicine-indonesia