TurnBackHoax, Komunitas Sigap Hajar Hoax
  • 296
  • 0
  • 0
  • 0

Indonesia bersatu lawan berita bohong! Kalimat itu menjadi pembuka yang tepat dalam menggambarkan artikel ini. Semua orang pasti setuju mengenai dampak negatif dari penyebaran informasi palsu alias hoax di internet. Ditambah lagi, penyebaran itu terjadi secara masif dan cepat. Penyebaran informasi hoax tersebut pun kerap diimbangi dengan ujaran kebencian yang berlebihan.

Berbagai cara pun dilakukan untuk membatasi penyebaran informasi hoax, baik di Indonesia ataupun di tingkat internasional. Salah satu komunitas online yang bertujuan dalam memerangi informasi palsu di internet adalah TurnBackHoax.

Bermula dari sebuah grup di Facebook, TurnBackHoax kini telah memiliki web resmi yang beralamat di https://www.turnbackhoax.id/. Situs ini terbilang masih baru, dibuat pada bulan November 2016. Informasi yang ditulis di Turnbackhoax ini merupakan rangkuman serta arsip dari diskusi yang dilakukan di grup Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax (FAFHH).

Terdapat tiga kategori tulisan di sini, yakni hoax, hasut, dan fitnah. Informasi hoax, hasut, dan fitnah yang ditulis di situs ini pun beragam. Mulai dari informasi terkait dengan politik, agama, dan hal-hal lainnya. Keberadaan komunitas dan situs turnbackhoax.id ini pun mendapatkan sambutan positif dari pemerintah Indonesia. Bahkan, peluncuran resmi situs ini secara langsung dilakukan oleh Menteri Kominfo Rudiantara pada 8 Januari 2017.

Rudiantara mengatakan, keberadaan komunitas anti hoax seperti ini menjadi salah satu metode yang positif untuk menangkal peredaran informasi hoax dan palsu di internet. Selain memiliki situs, Turnbackhoax juga telah dilengkapi dengan aplikasi yang memudahkan pengguna internet dalam melaporkan keberadaan informasi palsu. Aplikasi tersebut berupa sebuah ekstensi Chrome yang bisa dengan mudah digunakan. [An]


(Sumber : https://www.beritateknologi.com/turnbackhoax-komunitas-online-anti-hoax-di-indonesia/)