Tengok Tempat Lahirnya Hercules Pringsewu Kelas Dunia
  • 340
  • 0
  • 0
  • 0

Bunyi gaduh gagang besi yang saling beradu serta hempasan barbel seberat puluhan hingga ratusan kilogram, telah menjadi rutinitas di Padepokan Gajah Lampung, Desa Pringsewu, Lampung. Siapa yang sangka, ‘candradimuka’ itu merupakan tempat kelahiran para lifter dunia. Pasalnya dari Desa Pringsewu inilah atlet-atlet angkat besi dan angkat berat juara internasional berasal.

Ingat dengan kemenangan lifter Indonesia Eko Yuli Irawan, yang berhasil mengharumkan nama bangsa di Olimpiade Rio 2016? Atau mungkin Sri Indriyani dan Winarni yang meraih perunggu di Olimpiade Sydney 2000? Di Padepokan Gajah Lampung itu perjuangan dan pergulatan mental mereka bermula.

Di bawah asuhan mantan lifter Imron Rosadi, anak-anak berusia 10-12 tahun telah digodok menjadi lifter profesional bahkan untuk beradu hingga ke ajang tingkat dunia. Inilah jalan panjang ‘seleksi alam’ untuk mencari bibit atlet angkat besi. Jalan penuh tantangan untuk membentuk Hercules-Hercules tangguh dari Pringsewu. Menurut Imron, bagi sebagian masyarakat di Lampung, angkat besi merupakan jalan untuk mengangkat nasib dan martabat keluarga. Apalagi jika berprestasi, bisa sekaligus mengangkat harkat bangsa. Maka tak heran jika Padepokan Gajah Lampung itu telah banyak mempersembahkan berbagai medali kepada Tanah Air.

Adelia Prasasti (13) adalah contoh lain anak didik yang sejak anak-anak ditempa menjadi lifter. Tubuhnya mungil, beratnya hanya 24 kilogram, namun dengan satu entakan, barbel seberat 45 kilogram bisa dia angkat tinggi-tinggi di atas kepala dan ia tahan selama 10 detik. Adelia bahkan pernah mengangkat beban seberat 76 kg, 31 kg dari snacth, dan 45 clean and jerk. Tiga medali emas dan gelar sebagai lifter terbaik kejuaraan pun pernah ia rebut sekaligus. Keberhasilan Adelia mengangkat barbel 45 kg tampak muskil buat orang awam. Bayangkan, dengan berat badan hanya 24 kg, ia bisa mengangkat beban 45 kg atau nyaris dua kali lipat dari berat tubuhnya.

Bukan hanya Adelia, Padepokan Gajah Lampung juga selalu ramai dengan anak-anak yang antusias berlatih angkat besi. Kebanyakan dari mereka memang berasal dari keluarga pra-sejahtera. Inilah pergulatan para Hercules dari Pringsewu. Berbekal semangat dan ketekunan, beban berat hidup mereka kalahkan, prestasi dunia mereka dapatkan. [An]

Sumber foto: femina.co.id