Soal Demokrasi, Puan Maharani: “Indonesia Sudah Dalam Track yang Benar”
  • 309
  • 0
  • 0
  • 0

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menyampaikan laporan mengenai salah satu target Sustainable Development Goals (SDGs) terkait Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh. Laporan tersebut diutarakan dalam pertemuan yang bertema ‘Launch of the Roadmap for a Peaceful, Justice, and Inclusive Societies’ (Peluncuran Peta Jalan Untuk Masyarakat Damai, Adil, dan Inklusif), yang merupakan rangkaian Sidang Umum PBB, pada Kamis 21 September 2017.

 

Dalam laporan tersebut, Puan menjelaskan bahwa Indonesia telah mengimplementasikan berbagai kebijakan untuk mendukung tata kelola Pemerintah yang kredibel, akuntabel, dan inklusif. “Salah satu kebijakan terkait hal ini adalah Keputusan presiden No.55 tahun 2012 tentang Strategi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi untuk 2012-2025. Selain itu, pemerintah juga sedang merancang Strategi Nasional Anti Korupsi,” ujar Puan.

 

Ihwal capaian Indonesia tentang demokrasi, diakui Puan, kemajuan demokrasi di Indonesia telah diapresiasi oleh banyak pihak. Menurutnya Indonesia dianggap sudah membangun tata kelola pemerintah yang kredibel, akuntabel, dan inklusif. Walaupun demikian, Puan juga melihat bahwa demokrasi di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup dinamis.  Merujuk ke data Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) tahun 2015 yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia secara keseluruhan meraih nilai 72.82. “Demokrasi di Indonesia mengalami dinamika, dan saya yakin Indonesia sudah berada pada track yang benar dalam pelaksanaan demokrasi,” ungkap Puan.

 

Puan juga meyakini rakyat Indonesia telah menginternalisasi prinsip-prinsip demokrasi. “Seluruh masyarakat memiliki kedudukan sama di hadapan hukum, memiliki hak azasi manusia yang sama, dan jalannya roda pemerintahan harus berdasarkan mandat rakyat serta mayoritas tidak dapat meniadakan hak-hak minoritas. Kendati demikian, Indonesia terus berkomitmen untuk dapat memenuhi target yang ada di SDGs,” tutup Puan. [Ar/dbs]

 

Sumber foto : Liputan6 News