Selasa Wage, Malioboro ‘Bersihkan Diri’
  • 317
  • 0
  • 0
  • 0

Sebagai ikon Yogyakarta, Malioboro menjadi salah satu tempat tujuan wisatawan, baik dalam negeri maupun mancanegara. Berbagai aktivitas pun, umumnya oleh para pedagang kaki lima, memenuhi sisi Timur hingga Barat Jalan Malioboro.


Demi menjaga ikon Yogyakarta ini tetap bersih, para pedagang kaki lima dan komunitas di sepanjang Jalan Malioboro melakukan kegiatan ‘reresik’ (bersih-bersih) Malioboro secara gotong royong. Uniknya kegiatan yang mencerminkan gerakan Indonesia Bersih ini akan rutin dilaksanakan setiap hari Selasa Wage atau 35 hari sekali. Pada hari tersebut pedagang kaki lima (PKL), seniman jalanan, andong, becak, hingga pedagang asongan di sepanjang Jalan Malioboro sepakat ‘meliburkan diri’.


Terhitung tanggal 31 Oktober 2017 esok, reresik Malioboro menjadi kali kedua pelaksanaannya, sejak dicetuskan tanggal 26 September 2017 lalu. "Kegiatan ini sudah menjadi keputusan bersama sehingga kami pun harus ikut mendukung. Libur satu hari tidak masalah. Kesempatan ini juga bisa dimanfaatkan untuk beristirahat," kata salah seorang PKL Malioboro, Mujono.


Teknis kegiatan ini akan dimulai dari pukul 00.00 dini hari hingga 09.00 WIB. Dengan semangat menidurkan atau mengistirahatkan sementara Malioboro, acara ramai-ramai akan dibatasi. Dan akan dipertimbangkan kembali di rencana Selasa Wage berikutnya.


Kegiatan ini juga mengajak seluruh lapisan masyarakat bersama-sama merasa memiliki dan menjaga Malioboro sebagai ikon Yogyakarta.


“Setelah aktivitas penuh satu bulan, ibarat mesin ya kita istirahatkanlah. Ini sebagai maintenance atau perawatan yang biasanya dipakai berjualan, besok akan digosok, disemprot dan dibersihkan," tandas Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono.


Meski pedagang kaki lima berhenti beraktivitas selama 24 jam pada Selasa Wage, namun aktivitas wisatawan masih tetap berjalan seperti biasa. Wisatawan justru akan dapat menikmati Malioboro dengan suasana berbeda dari biasanya dan lebih leluasa. [An]