Sebanyak 120 Siswa Sd Di Kota Jayapura Dilatih Menjadi Dokter Kecil
  • 308
  • 0
  • 0
  • 0

Guna memberikan pemahaman kepada para siswa tentang pentingnya  kesehatan, yang berkaitan dengan gerakan Indonesia Bersih, Tertib, Melayani dan Mandiri, seperti nilai-nilai yang terkandung dalam revolusi mental, sebanyak 120 siswa dari 25 Sekolah Dasar di Kota Jayapura mengikuti pelatihan dokter kecil yang digelar Dinas Kesehatan Kota Jayapura di salah satu aula milik pemerintah, di Abepura, Kamis (5/10/2017).

Arif Darmanto selaku Kepala Kesehatan Kota Jayapura mengungkapkan, pelatihan dokter kecil ini merupakan program tahunan guna menyediakan fasilitas kesehatan di sekolah khususnya bisa mengatasi pertolongan pertama di lingkungan sekolah.

“Tak hanya siswa tetapi guru pembimbing juga kita libatkan dalam pelatihan. Pembentukan  dokter  kecil  ini  dalam  rangka  meningkatkan  dan  mengoptimalkan pelayanan kesehatan di sekolah. Dalam menjalankan tugas mereka akan selalu didampingi," ujarnya.

Oleh karena itu, peserta didik atau dokter kecil yang telah dilatih, dapat menularkan  ilmu dengan mengadakan penyuluhan kepada teman-temannya tentang pentingnya membiasakan pola hidup sehat. Di samping itu, dokter kecil juga bisa memberikan pelayanan kepada teman-temannya yang mengalami gangguan kesehatan selama di sekolah.

Kegiatan dokter kecil antara lain, membimbing teman melakukan pengukuran tinggi badan dan berat badan, membantu petugas kesehatan melaksanakan pelayanaan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), dan pengamatan kebersihan ruang UKS.

Fredy, pembina dokter kecil di SD Padang Bulan, mengungkapkan apresiasinya terhadap pemberian materi kesehatan kepada para siswa.

“Pengetahuan yang diberikan belum tentu semua kami berikan karena bukan petugas kesehatan. Kami juga minta petugas kesehatan datang tak hanya setahun kali tapi bisa lebih dari satu kali,” ujarnya. [Is]

Sumber: tabloidjubi.com