Rutinitas Pemuda Muslim Di Ambon Setiap Malam Natal
  • 348
  • 0
  • 0
  • 0

Ratusan anggota Gerakan Pemuda Anshor dan Remaja Masjid (Remas) ikut menjaga sejumlah gereja di Kota Ambon, saat Ibadah Malam Natal. Hal ini menjadi kegiatan rutin tahunan dalam rangka mewujudkan kasih sayang antar umat beragama. Ini merupakan contoh dari gerakan Indonesia Tertib, dan Bersatu, seperti yang terkandung dalam nilai- nilai strategis revolusi mental.

 

Para Pemuda Muslim ini menjaga kondisi keamanan di depan gereja bersama aparat keamanan lainnya. Seperti di Gereja Silo kawasan Tugu Trikora Ambon, pemuda Muslim dengan menggunakan atribut Islami mengatur arus lalu lintas sehingga tidak mengganggu umat yang masuk dan keluar gereja.

 

Sejumlah gereja yang dijaga para pemuda Muslim ini tersebar di beberapa titik, di antaranya Gereja Marantha di Jalan Pattimura, gereja Silo di kawasan Tugu Trikora, Gereja Rehoboth, dan Gereja Katedral.


Ketua Gerakan Pemuda Anshor Wilayah Maluku Daim Baco Rahawaren menyatakan, pengamanan gereja merupakan tanggungjawab moril Gerakan Pemuda Anshor dibawa NU pada setiap Malam Natal, yang berlaku diseluruh Indonesia. “Bahwa Gerakan Pemuda Anshor itu punya kewajiban setiap perayaan hari – hari besar, terutama Natal dan Tahun Baru kita wajib menjaga. Dan ini semata – mata untuk menjaga  kebhinekaan kita, dan Indonesia,” kata Daim, di sela – sela pengamanan di Gereja Maranatha.

Ketua Wilayah Remas Maluku Zulkifli Lestaluhu menyatakan, pengamanan  ibadah Natal oleh BKPRMI ini sudah dilakukan sejak 2010.

Menurut dia, kegiatan ini harus terus dikembangkan setiap tahunnya,  karena masyarakat Maluku memiliki budaya perekat persaudaraan, Pela dan Gandong. “Dengan kegiatan ini kami ingin tunjukan kepada masyarakat Indonesia bahkan dunia, kalau masyarakat Maluku sangat menjunjung tinggi toleransi, kerukunan  umat beragama dan saling menghormati satu dengan yang lainnya,” katanya.

Sementara itu, Pendeta James Timisela dari Gereja Silo menyatakan, pengamanan ini merupakan inisiatif langsung dari Pemuda Muslim Ambon. Pihak gereja memberikan apresiasi atas partisipasi, kerjasama dan dukungan Pemuda Muslim yang ikut mengamankan gereja saat Ibadah Malam Natal. Kondisi ini menunjukan kuatnya hubungan persaudaraan warga di Kota Ambon secara khusus dan Maluku secara umum.

“Kami memberikan apresiasi untuk Pemuda Muslim karena setiap tahun, saudara – saudara Muslim datang langsung ikut menjaga kondisi keamanan di gereja saat Ibadah Malam Natal, kondisi harus terus dipelihara dengan baik,”katanya. [Is]

Sumber: terasmaluku.com