Revolusi Mental Para Siswa Ternate Deklarasikan Gerakan Anti Nyontek
  • 306
  • 0
  • 0
  • 0

Siapa sih, anak sekolah yang nggak pernah nyontek? Ya, nyontek memang sudah jadi budaya para pelajar di setiap sekolah. Padahal itu kebiasaan yang nggak baik lho!

Kamu yang masih duduk di bangku sekolah, mungkin kamu harus mencontoh siswa-siswi di Ternate. Sejalan dengan Gerakan Revolusi Mental yang diberinama Gerakan Anti Nyontek Ujian Nasional, menuju Indonesia Terib dan Mandiri yang dideklarasikan bersama di Ternate, Maluku Utara Minggu (15/4). Banyak persiapan dilakukan, mulai dari lebih giat belajar hingga hipnotherapi dan bimbingan rohani.

Wakil Wali Kota Ternate, Arifin Djafar, pada deklarasi di halaman Sekretariat Pemkot Ternate, itu mengatakan, deklarasi merupakan bentuk komitmen mendukung pelaksanaan UN di sana secara jujur dan tanpa penyimpangan.

"Juga untuk menanamkan sejak dini nilai-nilai kejujuran kepada para siswa di daerah ini agar mereka kelak bisa membentengi dirinya dari berbagai praktik menyimpangan, misalnya korupsi," kata dia.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kota Ternate, Mochdar Din, mengatakan, pihaknya  siap menggelar UN tingkat SMA sederajat Senin besok, karena segala sesuatunya untuk mendukung kelancaran UN itu telah disiapkan.

Naskah UN misalnya telah didistribusikan ke tempat penitipan terakhir, termasuk disejumlah daerah yang jauh dari Kota Ternate, seperti Pulau Batang Dua dan Pulau Hiri.Dikedua pulau ini naskah soal UN sudah dititipkan di polsek-polsek setempat. [Is]