Rapat Koordinasi Persiapan Pembentukan Gugus Tugas Provinsi Kalimantan Tengah
  • 309
  • 0
  • 0
  • 0

Rapat Pembentukan Gugus Tugas Kalteng

Kalimantan Tengah, 11 Agustus 2016 - Inisiasi pembentukan gugus tugas secara paralel dilaksanakan di 34 provinsi oleh Kemenko PMK sebagai tindak lanjut pelatihan fasilitator Gerakan Nasional Revolusi Mental pada bulan Juni 2016. Pertemuan dilaksanakan di kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Tengah yang dipimpin oleh Kepala Badan, Bapak Nurul Edy dan melibatkan unsur Kesbangpol, perguruan tinggi yaitu Universitas Kristen Palangkaraya, Bapak Marko Mahin, Asisten Deputi Kepemudaan Kemenko PMK serta Sekretariat Revolusi Mental. Universitas Palangkaraya, Bapak John Rete juga menjadi perwakilan akademisi namun berhalangan hadir pada pertemuan ini.

Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Tengah menyampaikan dukungan dan komitmen untuk mendukung implementasi Revolusi Mental di Kalimantan Tengah. Secara khusus disampaikan bahwa Gerakan Indonesia Melayani, Bersih dan Tertib sangat bersinergi dengan dengan visi Gubernur Kalimantan Selatan dan direncanakan muatan Revolusi Mental akan masuk ke dalam pelaksanaan acara puncak Kemerdekaan RI-71 dan hari Bela Negara pada tanggal 19 Desember. Selain acara tersebut momen pelaksanaan Hari Sumpah Pemuda yang digelar secara Nasional di Kalimantan Tengah pada tanggal 28 Oktober 2016 ini juga dapat menjadi momen besar Kalimantan Tengah untuk mendeklarasikan Gerakan Nasional Revolusi Mental dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat khususnya generasi muda sebagai penggerak perubahan.

Badan Kesbangpol dan Perguruan Tinggi setempat menyatakan siap untuk melaksanakan langkah-langkah pembentukan gugus tugas. Pertemuan pertama untuk mengidentifikasi tim formatur akan dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2016 bertempat di kantor Badan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Tengah, dan direncanakan FGD pembentukan gugus tugas provinsi Kalimantan Tengah akan dilakukan pada akhir bulan Agustus 2016. Sebagai tindak lanjut pertemuan ini, Kepala Badan Kesbangpol menunjuk beberapa staf untuk bertugas sebagai pengelola anggaran pembentukan gugus tugas yaitu Ibu Feni dan akan dibantu oleh Bpk. Dody. Kepala Badan Kesbangpol juga menyampaikan harapan agar Instruksi Presiden sebagai payung hukum pelaksanaan GNRM oleh gugus tugas dapat segera ditandatangani.