Puan: Revolusi Mental Jadi Prasyarat Penting Wujudkan Indonesia Berdaulat, Berdikari & Berkepribadian
  • 294
  • 0
  • 0
  • 0

Lampung - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, mengatakan revolusi mental menjadi prasyarat penting untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan berlandaskan semangat gotong royong.

 

Hal tersebut diutarakan Menko PMK saat memberikan kuliah umum tentang revolusi mental di Universitas Negeri Lampung pada Kamis (3/11) lalu.

 

"Pasalnya revolusi mental sebagai Gerakan Hidup Baru yang bertujuan menanamkan rasa percaya diri akan kemampuan sendiri, menanamkan optimisme dan daya kreatif masyarakat dalam menghadapi tantangan berbangsa dan bernegara," ujar Puan mengutip situs resmi Kemenko PMK.

 

Lebih lanjut, Puan mengajak seluruh masyarakat untuk mempertahankan semangat persatuan. Pasalnya dengan kebersamaan dan gotong royong, lanjutnya, diharapkan akan menghasilkan sesuatu yang besar dan bermanfaat.

 

Puan pun berharap perguruan tinggi mampu menjadi garda terdepan dalam implementasi Gerakan Nasional Revolusi Mental. Itu karena perguruan tinggi memiliki posisi yang sejalan sebagai "agen perubahan".

 

"Perguruan Tinggi akan menghasilkan generasi calon pemimpin bangsa. Proses pembelajaran di Perguruan Tinggi harus mengandung muatan pembangunan karakter yang merupakan “never ending process” sepanjang kehidupan berbangsa dan bernegara," pungkasnya. [tni]