Puan Maharani: Batik Nyaman Dikenakan Untuk Aktivitas Apapun
  • 380
  • 0
  • 0
  • 0

Menteri Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani kerap menggunakan batik dalam aktivitasnya. Mondar mandir dari Istana ke kantornya di Jalan Merdeka Barat, lalu balik lagi ke istana, dari satu meeting ke meeting yang lain. ‘’Batik itu nyaman terus dipakai untuk jadwal yang padat sekalipun,’’ ujarnya menjelang meninggakan kantornya menuju istana.


Puan mengaku, dirinya sebagai penggemar batik. ‘’Saya punya banyak baju batik. Saya kira teman-teman di kantor ini sangat sering melihat saya mengenakan blus batik,’’ Puan menambahkan, selain nyaman, batik juga fleksibel, bisa dikenakan dalam acara resmi maupun tidak resmi. Maka, Puan mengajak agar masyarakat Indonesia terus meningkatkan rasa cintanya pada batik. ‘’Marilah kita dengan bangga membeli batik hasil industri kita, ikut melestarikan budaya sendiri dan memperkuat jati diri sebagai manusia Indonesia”, ujarnya.


Menyinggung sedikit tentang pesaatnya pertumbuhan batik di lingkungan masyarakat saat ini, Menko PMK menyambut baik tumbuhnya industri batik-batik lokal. ‘’Itu bagus. Budaya jadi terpelihara dan secara ekonomi tentu bermanfaat bagi daerah setempat, asalkan batiknya dipasok dari daerah itu sendiri”, tegas Puan Maharani.


Lanjut Puan Maharani, menurutnya keragaman batik itu menunjukkan kekayaan khasanah budaya Indonesia dan batik juga dapat menjadi simbol gerakan Indonesia Bersatu. Setiap corak, desain atau warna batik adalah ekspresi budaya, yang pasti, ketika semua berbatik, kita bisa merasakan bahwa batik juga menjadi simbol pemersatu Bangsa ini. Bhinneka Tunggal Ika. Berbeda beda tapi tetap satu. Maka, ayo kita cintai batik Indonesia,’’ pungkas Menko PMK. [Ar/Pd]


Sumber foto: http://www.tribunnews.com