Peringati Hari Pahlawan di Makan Nyi Ageng Serang
  • 323
  • 0
  • 0
  • 0

Wates – Peringatan Hari Pahlawan sudah secara rutin dilaksanakan setiap tahun di seluruh Indonesia, Kamis (10/11), dan di Kabupaten Kulonprogo berlangsung di dua tempat yaitu di Alun-alun Wates dan Makam Pahlawan Nasional Nyi Ageng Serang di Dusun Beku, Desa Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang.

Peringatan Hari Pahlawan di Makam Nyi Ageng Serang, pelaksanaannya agak sedikit berbeda dengan upacara pada umumnya.

Upacara di Makam Pahlawan Nasional ini tanpa sambutan, dan hanya diisi dengan penghormatan dan doa langsung didepan atau halaman makam, dengan diselingi lagu-lagu perjuangan tentang kepahlawanan yang begitu menyentuh.

Dalam amanat tertulis Menteri Sosial RI, yang dibacakan oleh Pejabat Bupati, Ir Budi Antono, M.Si mengatakan, setelah Indonesia merebut kemerdekaannya, semangat kepahlawanan tidak cukup hanya dengan mempertahankan patriotisme defensif, kita butuh patriotisme yang lebih positif dan progresif.

Patriotisme sejati bukan sekadar mempertahankan melainkan juga memperbaiki keadaan negeri. Untuk keluar dari berbagai persoalan bangsa hari ini, patriotisme progresif dituntut menghadirkan kemandirian bangsa tanpa terperosok pada sikap anti-asing.

Gerakan Hidup Baru adalah gerakan revolusi mental untuk menggembleng manusia Indonesia ini menjadi manusia baru, yang berhati putih, berkemauan baja, bersemangat Elang Rajawali, berjiwa api yang menyala-nyala.

“Itulah jiwa patriotisme progresif yang harus kita kobarkan dalam menghadapi tantangan dan persoalan pembangunan hari ini,” tegas Mensos RI Khofifah Indar Parawansa dalam sambutan tertulisnya.

Lebih jauh Mensos menyampaikan, hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2016 yaitu "Satukan Langkah Untuk Negeri”.  Tema ini juga mengandung pesan kepada kita semua untuk bersatu dalam kebersamaan dan kebersamaan dalam persatuan untuk mewujudkan cita-cita negeri yang kita cintai ini.

Mensos mengajak kepada Bangsa Indonesia, untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini,

Sumber: humas kemensos RI