Peran Orang Tua dalam Lindungi Anak
  • 338
  • 0
  • 0
  • 0

Jakarta - Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa mengatakan, sudah menjadi tanggung jawab keluarga terutama orangtua untuk bisa mendidik, membimbing, dan membina anak. Seperti amanat Undang-Undang Perlindungan Anak menyebutkan, perlindungan anak oleh masyarakat, keluarga terutama orangtua.
 
"Perlindungan anak pertama-tama adalah kewajiban orangtua baik perlindungan secara sosial, psikososial, spiritual maupun perlindungan secara intelektual," kata Mensos pada peringatan Hari Anak Nasional waktu lalu.
 
Menurut Mensos, sekarang ini banyak orangtua yang merasa, anak itu bisa besar secara natural sehingga tidak perlu disiapkan proses pembinaan dan pendampingan, cukup dititipkan ke sekolah dianggap selesai.
 
Selain itu, waktu di luar sekolah pun harus mendapat perhatian. "Tidaklah benar hanya mengandalkan sekolah ketika anak berada di lingkungan luar rumah. Tanggung jawab tetap kepada orangtua, kemudian lembaga-lembaga termasuk daerah," terangnya
 
Lalu, Mensos menuturkan, selama ini guru hanya sekedar mentransfer ilmu, belum pada tahap mentransfer tingkah laku yang baik. Padahal anak tidak cukup hanya mendapat proses pendidikan tapi juga ada proses pengasuhan.
 
"Selama 8 jam anak di sekolah, belum ada proses pengasuhan, kan hampir tidak cukup waktu guru untuk mengasuh anak itu, waktu yang ada untuk transfer ilmu belum sampai kepada transfer tingkah laku yang baik," katanya.
 
Sumber: Liputan6