Hak Cipta © 2015-2018 Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan
SIARAN PERS
Pelajar Indonesia Promosikan Perubahan Lewat Media Sosial

Daripada menjadi sumber kegaduhan, media sosial sepantasnya dapat dimanfaatkan untuk pembangunan. Pernyataan tersebut disepakati oleh para pelajar SMA/SMK/MA berprestasi perwakilan 34 provinsi di Indonesia yang sedang mengikuti Apresiasi Positif Bermedia Sosial di Jakarta Pusat, 18 Desember 2017. Dalam acara diselenggarakan oleh Tim Kelompok Kerja Gerakan Nasional Revolusi Mental Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan PMK ini para pelajar turut serta memviralkan aksi baik revolusi mental di media sosial yang tercermin dari tindakan mereka sehari-hari. Dengan tagar #ayoberubah2017, Gerakan Nasional Revolusi Mental mengajak anak-anak muda untuk mulai mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang lebih produktif dan bermanfaat.

Sebanyak 100 orang peserta yang terdiri dari 66 pelajar dan 34 pendamping berkumpul untuk menyuarakan semangat pemanfaatan media sosial untuk hal-hal baik. Para pelajar dari seluruh Indonesia ini telah mengunggah konten-konten positif berupa video dan foto di media sosial masing-masing. Konten yang diunggah tersebut bertemakan lima gerakan turunan dari Gerakanan Nasional Revolusi Mental, yang terdiri dari Gerakan Indonesia Bersih, Gerakan Indonesia Tertib, Gerakan Indonesia Melayani, Gerakan Indonesia Mandiri, dan Gerakan Indonesia Bersatu.

Dalam arahannya, Sesmenko PMK Y.B. Satyasananugraha mengatakan bahwa media sosial sudah menjadi perhatian pemerintah karena pengaruhnya yang tak hanya terlihat di level individu, namun sampai pada level pemerintah, dunia usaha, hingga dunia pendidikan.

“Oleh karena itu, para pelajar, yang juga menjadi usia mayoritas pengguna media sosial di Indonesia, memiliki peran untuk mendorong pemanfaatan media sosial untuk pembangunan, khususnya pembangunan manusia,” ujarnya.

Acara ini turut dihadiri oleh perwakilan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, perwakilan Menteri Komunikasi dan Informatika, perwakilan direktorat jenderal terkait dari Kemendikbud dan Kemkominfo, perwakilan gugus tugas nasional, eselon 1 Kemenko PMK, Asisten Deputi Nilai dan Kreativitas Budaya, Relawan TIK Pusat, Tim Media Digital GNRM, dan rekan-rekan media. Acara Apresiasi Positif Bermedia Sosial berlangsung selama tiga hari dan diisi dengan kegiatan workshop serta kunjungan ke perusahaan-perusahaan digital seperti Google dan Facebook Indonesia.[]

4
0
96
Bagaimana Tanggapanmu ?
0 Tanggapan