Partisipan Junjung Tinggi Kebersihan Jalanan
  • 273
  • 0
  • 0
  • 0

Jakarta - Demo tuntutan kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok atas tuduhan penistaan agama ramai membanjiri kawasan Balai Kota, Jakarta Pusat pada Jumat (4/11).

 Meski lebih dari 10.000 partisipan membanjiri jalanan Balai Kota, namun ada pemandangan berbeda yang terjadi pada aksi demo yang dilakukan ormas pembela Islam ini.

 Para partisipan melakukan aksi yang menjunjung tinggi kebersihan. Dari pantauan di lokasi, terdapat banyak partisipan yang membawa kantong plastik sampah yang kemudian memunguti sampah-sampah yang berserakan di sepanjang jalan Balai Kota hingga Istana Negara.

 Selain itu, para partisipan tidak henti-hentinya meneriakan melalui speaker yang mereka bawa agar para partisipan demo menjaga kebersihan jalanan dan tidak membuang sampah sembarangan.

 Sikap ini pun tentu sangat sejalan dengan program Gerakan Nasional Revolusi Mental yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. Dalam program GNRM-nya itu, terdapat poin Gerakan Indonesia Bersih yang diharapkan dapat mendarah daging di kalangan masyarakat.

 Aksi ini pun diharapkan dapat ditiru masyarakat luas. Sesuai dengan program Presiden Jokowi bahwa diperbolehkan menyuarakan pendapat, namun harus tertib, menjaga kebersihan dan tidak anarkis.