Operasi Zebra Lodaya 2017 Dimulai, Perhatikan Hal-hal Ini
  • 343
  • 0
  • 0
  • 0

Saat ini pemerintah gencar mensosialisasikan Gerakan Indonesia Tertib. Ini adalah salah satu gerakan dalam program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) untuk mengubah perilaku masyarakat Indonesia.


Gerakan Indonesia Tertib diharapkan dapat membangun kesadaran dan menciptakan budaya tertib di masyarakat. Dapat meningkatkan perilaku tertib masyarakat dalam menggunakan ruang publik, tertib masyarakat pada saat berlalu lintas, dan meningkatkan perilaku tertib masyarakat pada saat antre. Selain itu, Gerakan Indonesia Tertib diharapkan dapat memberdayakan agen perubahan di masyarakat. Agen perubahan merupakan aktor-aktor yang telah ditunjuk untuk menjadi pelopor perubahan menuju Indonesia Tertib.

Indikator keberhasilan yang ingin dicapai dalam Gerakan Indonesia Tertib pada 2016 adalah meningkatnya perilaku tertib di ruang publik, yakni areal parkir, halte, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, dan kantor.

Sejalan dengan hal tersebut, Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung memulai rangkaian Operasi Zebra Lodaya 1-14 November 2017 ini. Apa saja fokus pemeriksaan dan penindakan pengendara pada operasi ini?

"Mulai besok kami akan melakukan operasi zebra. Jadi masyarakat kami harapkan untuk lebih tertib saat berkendaraan," kata Kasatlantas Polrestabes Bandung Mariyono di Bandung, Selasa 31 Oktober 2017 seperti dikutip dari Galamedianews.

Menurut dia, pada operasi zebra kali ini, lebih difokuskan pada pengendara dan kendaraan yang melintas di jalan raya. Sebagai bagian dari agenda kepolisian dalam memberikan pelayanan dan ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas.

Mariyono mengatakan, dalam operasi ini, polisi tidak akan segan menindak para pengendara yang tidak mematuhi aturan berlalu lintas. Beberapa pelanggaran yang akan menjadi sasaran penindakan yakni berhenti disembarang tempat, parkir liar, serta pelanggaran mendasar lainnya.

"Tidak membawa dokumen secara lengkap jelas akan kami lakukan tindakan langsung," katanya.

Selain menindak para pelanggar, operasi zebra ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menatuhi peraturan lalu lintas. Di samping mengurai kemacetan, juga  untuk keselamatan para pengguna jalan.

"Tujuannya untuk menekan angka kecelakaan dan kemacetan," katanya. 

Operasi Zebra Lodaya juga mengemban misi untuk menekan angka kecelakan lalulintas dan  menurunkan sejumlah titik kemacetan. Hal itu diungkapkan KBO Lantas Polres Cimahi, Dudi Iskandar.

Pelanggaran yang ditindak, ungkap Dudi, seperti tidak menyalakan lampu untuk roda dua, tidak ada spion, melawan arus, berkendara di trotoar, tidak memakai helm, knalpot bising dan lainnya. Untuk itu, pihaknya meminta masyarakat agar mengantisi pelanggaran lalu lintas tersebut dengan cara tertib saat berkendara.

"Masyarakat tidak usah khawatir karena operasi zebra bukan hal asing soalnya dilakukan setiap tahun. Jadi lengkapi surat-surat kendaraan, persiapkan kelengkapannya dari sekarang," kata Dudi dalam siaran on air PRFM hari ini.

Sumber: pikiran-rakyat.com