"One Desitny, OneHumanity, One Responsibolity", Menko PMK Puan Maharani Hadiri Pembukaan World Peace Forum (WPF) Ke-6
  • 251
  • 0
  • 0
  • 0

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia danKebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, menghadiri pembukaan World Peace Forum(WPF) Ke-6 yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI, Joko Widodo, di IstanaNegara, Jakarta, Selasa (1/11).

 

World Peace Forum atau Forum Perdamaian Dunia merupakankonferensi tingkat internasional yang diselenggarakan setiap dua tahun olehCentre for Dialogue and Cooperation among Civilisations (CDCC) bekerja samadengan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, dan Cheng-Ho Multicultural EducationTruss Malaysia. 

 

Adapun acara tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 1hingga 4 November. Acara ini mengambil tema umum "One Desitny, OneHumanity, One Responsibolity" atau “Satu Kemanusiaan, Satu Tujuan, SatuTanggung Jawab”.

 

Dalam sambutannya, Presiden menyebut isu perdamaian menjadimasalah yang dihadapi semua negara, termasuk Indonesia. Penyebab utamanya, kataPresiden, karena masih adanya ketidakadilan yang bersifat global. "Untukmengatasi isu global ini diperlukan aksi kolektif kita bersama untukmelawannya," ucap Presiden.

 

Presiden berharap dengan kegigihan World Peace Forum dalammempromosikan perdamaian di dunia dapat menjadi sumber inspirasi bagi banyakorang untuk memperjuangkan perdamaian, melawan intoleransi, dan melawanprovokasi kekerasan. "Untuk bisa mengatakan bahwa kami tidak takutterhadap ancaman dan aksi teror, untuk memiliki keberanian dan secara lantangmengatakan 'kami ingin perdamaian, bukan kekerasan'," jelas Presiden.

 

Turut hadir dalam peresmian pembukaan World Peace Forum ke-6di antaranya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Ketua MPR Oesman Sapta,mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao, Duta Besar Inggris untuk IndonesiaMoazzam Malik, para Duta Besar Negara-Negara Sahabat lainnya serta para Delegasidari Organisasi Internasional. (jam)