NILAI REVOLUSI MENTAL DALAM JAMBORE NASIONAL X 2016
  • 287
  • 0
  • 0
  • 0

Program Gerakan Nasional Revolusi Mental terus bergulir dengan berupaya melibatkan seluas mungkin masyarakat dan pihak – pihak yang diharapkan mampu meningkatkan daya ungkit upaya internalisasi nilai – nilai Revolusi Mental. Dengan semakin banyaknya pihak yang terlibat dan banyaknya masyarakat yang memahami nilai – nilai Revolusi Mental maka kedepan diharapkan akan terbangun otomatisasi gerakan di masyarakat untuk menyukseskan Revolusi Mental.

Gerakan Pramuka sebagai salah satu organisasi pembinaan karakter yang paling mapan dan konsisten di luar jalur pendidikan formal, diharapkan juga dapat menjadi mitra yang kuat bagi Kelompok Kerja Nasional Revolusi Mental untuk menanamkan nilai – nilai Revolusi Mental melalui pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka di seluruh tingkatan, mulai dari Gugus Depan hingga Kwartir Nasional. Perlibatan Gerakan Pramuka dinilai strategis mengingat Gerakan Pramuka memiliki jumlah anggota yang besar dan tersebar di seluruh Indonesia, belum lagi kualitas dari kader – kader Gerakan Pramuka yang sudah benar – benar memahami nilai – nilai Kepramukaan akan menjadi sangat mudah dan selaras menjadi pelopor – pelopor Gerakan Nasional Revolusi Mental di masyarakat.

 Untuk merealisasikan pandangan tentang strategisnya peran Gerakan Pramuka, Kelompok Kerja Nasional Revolusi Mental menggandeng Kwarnas Gerakan Pramuka untuk memberikan penguatan substansi Revolusi Mental pada kegiatan Jambore Nasional X Tahun 2016 yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 – 21 Agustus 2016 di Bumi Perkemahan Cibubur.

 Jambore Nasional (Jamnas) adalah Pertemuan Pramuka Penggalang (10 – 12 tahun) se-Indonesia dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Nasional (Kwarnas). Jambore Nasional dilaksanakan setiap 5 tahun sekali dengan peserta dari perwakilan seluruh Kabupaten dan Kota se-Indonesia. Dimana didalamnya berisi rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk melakukan pembinaan bagi para penggalang peserta Jambore Nasional Tahun 2016. Untuk Jambore Nasional kali ini, juga akan dihadiri oleh para peserta dari Negara tetangga, bahkan beberapa peserta dari Eropa.  Ditinjau dari sifatnya Jambore Nasional merupakan kegiatan pembinaan generasi muda, dan dari aspek segmentasi usianya (10 – 12 tahun), merupakan usia yang strategis untuk menanamkan nilai – nilai kebaikan yang akan terbawa hingga usia dewasa. Oleh karena itu, Jambore Nasional dapat dijadikan instrument penanaman nilai – nilai Revolusi Mental yang efektif untuk melibatkan seluas mungkin masyarakat.

 Dalam rangka mempersiapan penguatan substansi Revolusi Mental dalam penyelenggaraan Jambore Nasional X tahun 2016, dilakukan rangkaian pertemuan persiapan, baik yang bersifat substansial maupun yang bersifat teknis, yang didukung oleh Sekretariat Pokja Revolusi Mental. Salah satunya adalah pertemuan koordinasi dan sinkronisasi nilai – nilai Revolusi Mental kedalam bahan ajar atau materi permainan pendidikan dalam Jambore Nasional, yang dilaksanakan pada tanggal 17 – 19 Juli 2016 di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Kelompok Kerja Revolusi Mental untuk menyampaikan nilai – nilai Revolusi Mental dan peta jalan program Revolusi Mental kedepan kepada para Tim Pelatih Pramuka, untuk kemudian diaplikasikan dalam berbagai permainan pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Jambore Nasional X tahun 2016.

Secara substantif Nilai – Nilai Revolusi Mental: Integritas, Etos Kerja, dan Gotong Royong sejalan dengan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. Nilai – nilai pendidikan karakter yang ditanamkan Gerakan Pramuka sebenarnya juga masuk dalam nilai – nilai Revolusi Mental yang juga memiliki tujuan untuk Mengubah cara pandang, pola pikir, sikap, perilaku dan cara kerja, yang beroirentasi pada kemajuan dan kemodernan sehingga Indonesia menjadi bangsa besar dan mampu berkompetisi dengan bangsa-bangsa lain di dunia, membangkitkan kesadaran dan membangun sikap optimistik dalam menatap masa depan Indonesia sebagai negara dengan kekuatan besar untuk berprestasi tinggi, produktif dan berpotensi menjadi bangsa maju dan modern dengan pondasi tiga pilar Trisakti, dan mewujudkan Indonesia yang berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi, dan berkepribadian yang kuat melalui pembentukan manusia Indonesia baru yang unggul

Dalam rangka persiapan yang lebih matang, hasil dari penguatan substansi Revolusi Mental kedalam permainan pendidikan dalam Jambore Nasional, diworkshopkan kepada 200 pelatih Jambore Nasional, pada tanggal 26 – 28 Juli 2016 di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur. 200 pelatih tersebut akan bertugas menjadi instruktur permainan pendidikan Revolusi Mental kepada 26.000 peserta Pramuka Penggalang selama Jambore Nasional berlangsung. Artinya, hasil pelatihan ini akan melahirkan 26.000 agen perubahan/change maker Revolusi Mental yang tersebar di seluruh Indonesia, yang memiliki integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong yang tinggi. Selanjutnya para agen perubahan ini kita harapkan menjadi katalisator bagi generasi muda yang lain di daerahnya masing – masing.

Permainan pendidikan sudah menjadi ciri khas Gerakan Pramuka dalam menanamkan nilai – nilai Kepramukaan sekaligus Nilai – Nilai Revolusi Mental. Model transformasi nilai – nilai Gerakan Pramuka ini dinilai efektif mambangun karakter generasi muda.