Minyak Goreng Ulat Goes to Eropa
  • 262
  • 0
  • 0
  • 0

Pernahkah terpikir bahwa ulat bisa menjadi bahan dasar minyak goreng dan mentega? Inovasi inilah yang terlintas oleh Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya Malang. Penemuan Muhammad Ifdhol dan teman-temannya yang tergabung dalam Tim Biteback ini bahkan segera dikomersialkan dan perusahaan-perusahaan Eropa sudah siap jadi pembelinya. Luar biasa bukan?


Sebelumnya, Biteback adalah tim insect mineral oil yang meraih juara dua dalam lomba Thought For Food, yakni lomba teknologi ketersediaan pangan yang berkesinambungan, di Swiss tahun 2016 lalu. Proyek Minyak dari Ulat Jerman ini mereka tujukan untuk mengurangi konsumsi minyak sawit yang sering dituduh sebagai penyebab kerusakan hutan. Salah seorang anggota Tim Biteback Mushab Nursantio mengatakan setelah menang lomba, ia dan kawan-kawan akan melakukan pengembangan bisnis di Eropa dalam satu tahun terakhir dan telah ada enam perusahaan di Eropa yang siap bekerjasama.


“Bulan depan akan memulai pembangunan pilot plant dan menyelesaikan kerja sama uji coba dengan beberapa perusahaan multi nasional yang juga konsumen terbesar minyak sawit," tambah Mushab. []