Merauke Berpotensi Menjadi Produsen Beras Terbesar Di Indonesia
  • 329
  • 0
  • 0
  • 0

Indonesia memiliki kekayaan luar biasa di kawasan perbatasan. Hal ini dirasakan langsung oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani saat mengunjungi Desa Sarsang Distrik Tanah Miring, Merauke yang berpotensi menjadi lumbung pangan nasional. "Saya percaya kedaulatan pangan bisa terwujud. Kabupaten Merauke merupakan potensi luar biasa untuk produksi pangan," ujar Menko Puan.

 

Wilayah paling Timur Indonesia itu memiliki potensi pertanian yang luar biasa. Kabupaten Merauke memiliki lahan persawahan hingga 1,2 juta hektar. "Dengan luas lahan itu, Merauke dipastikan menjadi produsen beras terbesar di Indonesia. Meskipun kita semua tahu diperlukan usaha keras dari semua pihak untuk mewujudkannya," demikian Puan mengatakan hal ini dalam kunjungannya.

 

Belajar dari pengalaman yang terdahulu, pemerintah yakin kawasan pangan yang akan dibangun di wilayah tersebut akan berhasil. Hal ini berdasarkan pertimbangan bahwa mayoritas masyarakat berprofesi sebagai petani. Karenanya, Menko PMK memberikan bantuan secara simbolis hand traktor sebanyak lima unit dari BPJS Ketenagakerjaan dan Bank Indonesia. Termasuk satu unit mesin penggiling padi.

 

Lebih lanjut, Pemerintah saat ini terus mengupayakan agar petani di Merauke bisa melakukan diversifikasi tanaman pangan. Hal ini perlu dilakukan karena cuaca di Merauke sangat berbeda dengan wilayah jawa. "Jika ini bisa terlaksana dengan baik maka saya percaya Indonesia mampu menuju predikat produsen beras terbesar di Indonesia," jelas Puan.

 

Menko PMK dalam hal ini akan terus mendorong Kementerian Pertanian untuk memberikan bantuan baik berupa alat pertanian hingga sistem dan tanaman pertanian yang cocok di Merauke. " Upaya ini dipastikan akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang dapat mendorong perkembangan kawasan di sekitarnya." ungkapnya lagi.

 

Diketahui, selain membagikan hand tractor dan mesin penggiling padi, pada kesempatan itu, Menko PMK juga sempat membagikan pupuk sebanyak 20 dus dan puluhan pasang sepatu boot dari Kemenko PMK. Sementara dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak berupa paket untuk anak-anak Desa Sarsang Distrik Tanah Miring. [Ar/dbs]

 

Sumber Foto : kemenkopmk.go.id