Menko Pmk Sentuh Hati Siswa-Siswi Sd Ypk Sota
  • 324
  • 0
  • 0
  • 0

Kedatangan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayan (Menko PMK) Puan Maharani di SD YPK Sota, Merauke, pada Sabtu (28/10) lalu, telah menyentuh hati masyarakat sekitar. Pasalnya kunjungan tersebut memberikan arti bahwa pemerintah benar-benar memperhatikan pendidikan di wilayah pinggiran. "Saya berharap pendidikan benar-benar bisa dirasakan manfaatnya kepada seluruh masyarakat Indonesia," ujar Menko Puan.

 

Kunjungan yang dilakukan Menko Puan tersebut sangat diapresiasi masyarakat sekitar, khususnya para murid di SD YPK Sota. Karena Puan memberikan Bantuan berupa 218 paket peralatan sekolah kepada perwakilan siswa-siswi di SD YPK Sota. Selain hal itu, Dalam kunjungan tersebut Puan benar-benar langsung bercengkrama dengan seluruh siswa.

 

Salah satu hal yang menarik ketika Menko Puan bertanya kepada semua siswa terkait arti tulisan di sebuah baju seorang murid. "Coba kaus yang bertuliskan 'hitam itu identitas, keriting itu spesial' apa artinya?" tanya Menko PMK kepada siswa. Kemudian salah satu siswa berdiri dan menjawab "Orang Papua", Menko Puan tersenyum dan terlihat senang sekali lalu memberikan hadiah kepada siswa tersebut.

 

Puan dalam hal ini percaya bahwa upaya pembangunan yang terus dilakukan ini akan berdampak panjang terhadap kesejahteraan masyarakat pinggiran. Ia berpesan kepada masyarakat di perbatasan untuk terus memegang teguh identitasnya sebagai warga Negara Kesatuan Republik Indonesia. "Anak-anak dan semua yang tinggal disini adalah orang perbatasan. Janganlah sekalipun pernah lupa bahwa kita ini tetap indonesia," kata Menko PMK itu.

 

Di lain sisi, Kepala sekolah SD YPK Sota, Marinus Bobby juga merasa sangat bahagia dan beryukur atas kunjungan Menko PMK dan bantuan yang diberikan. "Kehadirian Ibu Menteri sangat memberikan pengaruh kepada murid-murid di pinggiran agar lebih bersemangat untuk beajar. Saya juga sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan. Kami akan memanfaatkan sebaik mungkin untuk menunjang kegiatan belajar mengajar," ucap Bobby.

 

Diketahui, Menko PMK dalam melakukan kunjungan ke Merauke tersebut juga membagikan bantuan berupa sembilan paket Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk ibu hamil, 24 paket PMT untuk balita, dan 150 Paket PMT untuk Anak Sekolah. Bantuan lainnya yang dibagikan adalah 10 buah Toren Air, 50 nuah jerigen, 1 buah penjernih air dan tenda posko, 75 paket Makanan Siap Saji, 10 buah Hidran Air, 10 unit RUTILAHU, Alat Permainan Edukatif.

 

Adapun Bantuan Kearifan Lokal diberikan sebesar Rp 50 Juta untuk pembelian peralatan musik serta Program Keserasian Sosial sebesar Rp 109 juta yang akan digunakan untuk pembangunan balai musyawarah adat, penyuluhan hidup toleransi, dan revolusi mental. [Ar/dbs]


Sumber foto : kemenkopmk.go.id