Menko Pmk Ajak Masyarakat Hidup Sehat
  • 320
  • 0
  • 0
  • 0

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan pemerintah terus melakukan upaya untuk meyejahterakan kehidupan masyarakat, khususnya dalam bidang kesehatan. "Saat ini tantangannya adalah distribusi tenaga kesehatan yang belum merata dan beberapa persoalan lain yang berhubungan dengan kesehatan, baik layanan atau juga masyarakat yang acuh menjaga diri dari penyakit," ujar Puan Maharani.

 

Puan menjelaskan bahwa pemerintah demi melakukan upaya pemerataaan kesejahteraan hidup bagi masyarakat telah mendistribusikan sekitar 1.422 orang yang meliputi dokter, perawat, bidan, kesehatan lingkungan, promosi kesehatan, farmasi, analis laboratorium, dan tenaga gizi.  "Semua ini terbagi menjadi 251 tim dan ditempatkan di 251 Puskesmas," tutur Puan.

 

Bagi Puan terwujudnya masyarakat sehat akan memiliki peranan penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Hal ini bisa diwujudkan dengan mendorong masyarakat agar mampu meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat sehingga akan terwujud derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

 

Selain hal itu, Puan menambahkan pemerintah dalam mewujudkan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia, banyak program telah dilakukan salah satunya kerjasama dengan Jepang untuk pengiriman tenaga perawat dari Indonesia ke Jepang. “Karena itu, ini saya harapkan juga bisa diimbangi dengan kualitas pelayanan kesehatan yang baik,” tegas Puan lagi.

 

Sebagai orang yang paling berpengaruh di Kemenko PMK, Puan mengatakan bahwa langkah distribusi tenaga kesehatan merupakan investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomi. “Saya ditengah berbagai macam kondisi dan tantangan kesehatan saat ini, kita harus bersama-sama menjaga kesehatan, baik dari pola hidup, makan dan memperhatikan kebersihan. Sekali lagi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) perlu benar-benar diimplementasikan, ini penting agar upaya yang telah pemerintah lakukan tidak sia-sia,” katanya. [Ar/dbs]

 

Sumber foto : timur.jakarta.go.id