Menko Pmk Ajak Mahasiswa Menjadi Center Of Excellence
  • 318
  • 0
  • 0
  • 0

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengajak mahasiswa di seluruh perguruan tinggi untuk menjadi center of excellence atau mahasiswa yang selalu unggul dan siap terjun di masyarakat. "Banyak persoalan yang dihadapi negeri ini, baik dari kemiskinan, kesenjangan, dan persoalan sosial. Untuk mengatasi hal ini, negara akan melakukan segala upaya agar pembangunan bisa terwujud, tetapi disini kami membutuhkan peran mahasiswa dalam mengatasi persoalan bangsa,"ujar Menko Puan di Kantornya.

 

Puan Mengatakan bahwa tantangan Mahasiswa saat ini benar-benar nyata. Perlu diingat menjadi seorang berpengetahuan saja belum cukup tetapi harus ada tindakan riil yang terus dibangun. "Saya kira, pemuda saat ini harus mulai mengedepankan tindakan, aktif terhadap fenomena sosial dan mau berperan langsung dalam membangun negeri," tutur Menko Puan.

 

Lebih lanjut lagi, Menko Puan menegaskan perlunya keterlibatan perguruan tinggi dalam pembangunan yang saat ini terus gencar dilakukan pemerintah. Hasil inovasi dan riset mahasiswa, Puan Meyakini dapat menjadi solusi cerdas dalam menghadapi berbagai persoalan khususnya bidang pembangunan manusia.

 

Menko PMK juga menyoroti kecenderungan pembangunan yang tidak terkendali yang saat ini terjadi di dunia. Selain berdampak pada kerusakan lingkungan, era pembangunan saat ini juga cenderung mendorong masyarakat dunia untuk menyepakati agenda global yang disebut Sustainable Development Goals (SDGs). “2042 kedepan kita berada dalam periode Bonus Demografi yang memiliki potensi untuk mengalami peningkatan kesejahteraan secara signifikan. Kesempatan emas ini akan sia-sia jika kita tidak memiliki persiapan yang matang. Karena itu, saya tekankan lagi perguruan tinggi harus mampu berperan dalam membangun mahasiswa yang siap terjun di masyarakat yang mempunyai intergritas, etos kerja dan semangat gotong royong yang tinggi,” Puan menjelaskan.

 

“Sebagai salah satu nilai dalam Revolusi Mental, saya tidak akan pernah bosan untuk terus menyuarakan tentang gotong royong karena saya yakin bangsa ini tidak akan besar dan maju tanpa kerja bersama secara gotong royong,” tegasnya. [Ar/dbs]

 

Sumber foto : paragraf.co