Mendikbud Sampaikan 3 Program Prioritas di Bidang Pendidikan
  • 367
  • 0
  • 0
  • 0

Luwuk, Banggai - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyampaikan tiga program prioritas di bidang pendidikan. Hal tersebut diungkapkannya saat melakukan kunjungan kerja ke Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Jumat (4/11).

 

“Bapak Presiden mengamanatkan tiga hal kepada Saya, yang pertama adalah mengatasi kesenjangan. Kedua terkait revolusi mental pada generasi muda, dan yang ketiga adalah penajaman dan percepatan pendidikan vokasi sebagai upaya meningkatkan produktivitas dan daya saing bangsa,” ujar Mendikbud mengutip situs resmi Kemdikbud.

 

Melalui Program Indonesia Pintar (PIP), lanjutnya, pemerintah terus berupaya meningkatkan akses kepada layanan pendidikan bagi anak-anak dari keluarga miskin dan rentan miskin agar dapat terus belajar.

 

"Terkait pendidikan vokasi, saat ini pemerintah sedang melakukan revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), serta mengembangkan SMK di bidang Maritim dan Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan, Pariwisata dan Industri Kreatif," paparnya.

 

Sementara untuk revolusi mental, lanjut Mendikbud, pemerintah sedang menggalakkan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada jenjang pendidikan dasar.

 

"Pasalnya keberhasilan revolusi mental di lingkungan sekolah sangat bergantung pada peran guru. Oleh karena itu sangat penting bagi guru menjaga semangat seorang pendidik dan meningkatkan profesionalisme," pungkasnya. [tni]