Mendikbud: Masa Depan Indonesia Tergantung pada Guru
  • 221
  • 0
  • 0
  • 0

Bulungan, Kaltara - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan masa depan Indonesia berada di tangan para guru. Kualitas dan profesionalitas guru dinilai akan membawa kualitas generasi bangsa menjadi lebih baik.

 “Masa depan Indonesia tergantung pada guru. Kalau mental guru hebat, maka Indonesia juga akan hebat,” ujar Mendikbud saat melakukan kunjungan kerja di Kalimantan Utara, Selasa (1/11/2016).

 Merujuk pada program Gerakan Nasional Revolusi Mental yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, sekolah memiliki tugas untuk menjadi 'agen perubahan'.

 Pasalnya generasi muda sekarang sudah mulai terkontaminasi dengan budaya asing (kebarat-baratan). Diharapkan agar generasi muda yang sekarang bisa kembali lagi menanamkan nilai-nilai luhur budaya nenek moyang bangsa kita sendiri

 Revolusi mental pun diharapkan dapat dimulai dari perguruan tinggi. Di mana karakter generasi muda dibentuk selama duduk di sekolah.

 Mengenai peran kepala sekolah, Mendikbud mengimbau agar kepala sekolah bisa lebih berperan sebagai manajer yang baik sesuai konsep “school based community”. Ia mengatakan, salah satu hal yang menjadi dasar dalam memberikan penghargaan atau reward kepada kepala sekolah adalah bagaimana seorang kepala sekolah dapat memajukan sekolahnya melalui kepemimpinan manajerialnya, termasuk dalam bekerja sama dengan komite sekolah.

 “Komite sekolah nanti akan kita perluas keanggotaannya, dan boleh menghimpun dana dari masyarakat, khususnya dari para alumninya yang sudah berhasil,” ujar Mendikbud.