Membiasakan Diri Mencuci Tangan Dengan Sabun Digalakkan Bupati Kepulauan Meranti
  • 312
  • 0
  • 0
  • 0

 Selat panjang – Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi mengimbau masyarakat membiasakan diri untuk mencuci tangan menggunakan sabun sejak dini. Pernyataan itu diungkapkannya sempena peringatan hari cuci tangan sedunia di Kabupaten Meranti, bertempat di Halaman Kantor Camat Tebing Tinggi, Rabu (2/11).

Dikatakan Bupati, kampanye global cuci tangan dengan sabun sedunia ini merupakan sebuah kegiatan yang strategis dalam rangka membangun kebiasaan hidup sehat masyarakat. Ia berharap melalui kegiatan yang juga dirayakan seluruh masyarakat dunia itu, mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat di Kabupatn Meranti akan pentingnya manfaat cuci tangan untuk kesehatan tubuh sekarang dan masa datang.

“Kegiatan ini sangat penting dan strategis dalam rangka menumbuhkan kebiasaan masyarakat agar peduli dengan kesehatan tubuhnya yang diawali dengan mencuci tangan dengan sabun,” jelas Bupati.

Ia pun berharap sosialisasi ini dapat diteruskan oleh para guru pendidik pendidik disemua tingkat pendidikan.

“Saya berharap gerakan ini bukan hanya disosialisasikan pada anak-anak tingkat SD tapi juga di seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Meranti. Saya juga menghimbau semua pihak mulai Kepala Sekolah, Camat, Kades, melalui Tim Penggerak PKK, dan Badan Pemberdayaan Perempuan dan anak dapat lebih gencar mennyosialisasikanya di tengah masyarakat,” ujar Bupati.

Kampanye cuci tangan dengan sabun ini akan dilakukam tidak hanya ketika hari cuci tangan sedunia, tapi akan disampaikan di setiap kesempatan. “Sosialisasi ini jangan jangan sampai selesai di sini, tapi lakukan di setiap kesempatan, meski cuci tangan dengan sabun terkesan sederhana, namun memberikan dampak yang besar bagi kesehatan khususnya generasi muda. Semoga memberikan manfaat terhadap kwalitas kesehatan dan sumber daya manusia di Kabupaten Meranti,” terang Bupati.

Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia sendiri adalah sebuah kampanye global yang dicanangkan oleh PBB bekerjasama dengan organisasi-organisasi lainnya baik pihak pemerintah maupun swasta untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun oleh masyarakat sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

Penderitaan dan biaya-biaya yang harus ditanggung karena sakit dapat dikurangi dengan melakukan perubahan perilaku sederhana seperti mencuci tangan dengan sabun, yang menurut penelitian dapat mengurangi angka kematian yang terkait dengan penyakit diare hingga hampir 50 persen.