Masyarakat Kateman Swadaya Kerjakan Jalan
  • 379
  • 0
  • 0
  • 0

Tembilahan – Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Peribahasa hebat yang menggambarkan budaya bangsa Indonesia yang sangat mengedepankan gotong royong sebagai alat pemersatu.

Hal inilah yang diaplikasikan oleh masyarakat desa Tanjung Raja, Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau yang secara swadaya melakukan pengerjaan pembangunan jalan sepanjang 324 meter.

Jalan yang menjadi akses penunjang dua kecamatan ini memang telah lama dinanti oleh masyarakat Tanjung Raja untuk diperbaiki.

"Rencana pengusulan pembangunan jalan dengan menggunakan aspal buras sudah dua tahun lalu. Dan baru tahun ini terlaksana," ungkap Kepala Desa Tanjung Raja, Sunardi, Selasa (8/11).

Lanjutnya, pengerjaan perbaikan jalan yang masih menyisakan 100 meter tersebut diperkirakan akan rampung dalam pertengahan bulan November sebelum akhir tahun 2016.

"Insya Allah bulan ini selesai dan masyarakat desa sangat antusias sekali dengan perbaikan jalan di RT 07/02 sepanjang 324 meter ini," pungkasnya.

Gotong royong adalah ciri bangsa Indonesia. Dimana kerjasama di dalamnya menyelesaikan setiap masalah. Nilai-nilai gotong royong terdiri dari kepekaan, kerjasama, solidaritas, perilaku tolong menolong yang berorientasi pada kemaslahatan dan nasionalis.

Sumber: mediacenter.riau.go.id