Luncurkan Aplikasi Digital, BPJS Permudah Akses Jaminan Kesehatan Masyarakat Indonesia
  • 311
  • 0
  • 0
  • 0

Aplikasi digital saat ini merupakan sesuatu yang tidak lagi dapat dihindari. Bahkan tanpa adanya aplikasi digital kualitas pelayanan sosial tidak akan meningkat. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, sebagai bentuk Indonesia Melayani, melakukan langkah cepat dalam merespon hal tersebut dengan meluncurkan layanan daring berbasis aplikasi bernama Mobile JKN. Lewat aplikasi ini setiap peserta jaminan kesehatan akan semakin mudah mengakses kepesertaan dalam program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat.

 

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengungkapkan bahwa aplikasi ini merupakan bentuk perubahan digital dari model bisnis BPJS Kesehatan. Kegiatan-kegiatan yang mulanya administratif di kantor cabang kini dapat digunakan oleh peserta di mana saja kapan saja dan tanpa batasan waktu. Hal ini juga merupakan wujud sebuah inovasi dalam menerapkan butir-butir revolusi mental yang dilakukan pemerintah.

Dalam aplikasi ini setiap orang bisa mendaftarkan diri menjadi peserta baru. Atau bagi peserta lama bisa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan banyak hal-hal administratif yang biasanya dilakukan di kantor cabang seperti mengganti fasilitas kesehatan, naik kelas perawatan, mengecek jumlah iuran kepesertaan dan lain-lain.

Mobile JKN yang telah dikenalkan pada Juli 2017 yang lalu, saat ini telah diunduh lebih dari satu juta pengguna di ponsel pintar berbasis Android. Sementara pada ponsel pintar berbasis iOS, aplikasi Mobile JKN telah diunduh sebanyak dua ribu kali lebih. [Is]

Sumber: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/12/03/bpjs-luncurkan-aplikasi-digital-permudah-akses-jaminan-kesehatan