Kunjungi Tokyo, Menko PMK Bahas Peran Indonesia Sebagai Tuan Rumah Asian Games 2018
  • 316
  • 0
  • 0
  • 0

Peran Indonesia sebagai tuan rumah pelaksanaan Asian Games 2018 menjadi salah satu fokus pembahasan dalam kunjungan Menteri Koordinator Bidang pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani ke Tokyo 25 September 2017. Puan juga menjelaskan dukungan Jepang untuk pelaksanaan Asian Games 2018 sangat strategis, karena Ketua Olympic Council of Asia (OCA) Coordination Committe berasal dari Jepang, Tsunekazu Takeda.


Selanjutnya, Puan juga menjelaskan bahwa seluruh tahapan persiapan penyelenggaraan sedang berjalan dan sesuai rencana. “Saat ini berbagai proses persiapan sebagai tuan rumah sedang berjalan dan sudah sesuai dengan rencana” ujarnya.


Secara umum pertemuan membicarakan hubungan baik Indonesia-Jepang yang telah berlangsung 60 tahun dan komitmen ke depan untuk menjalin kerjasama yang semakin baik. Pada kesempatan tersebut, Puan juga menyampaikan peluang kerjasama Indonesia dan Jepang dalam bidang pembangunan manusia dan kebudayaan khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan. Termasuk di dalamnya, situasi Jepang yang saat ini semakin membutuhkan banyak tenaga medis untuk lansia dan adanya potensi penyediaan tenaga tersebut dari Indonesia.


Peluang untuk lebih banyak mengirim tenaga medis sebagai penjaga lansia di Jepang menjadi salah satu fokus kunjungan Menko PMK Puan Maharani ke Tokyo. Hal ini disampikannya ketika bertemu dengan Nishimura Yasutoshi, Deputy Chairman, Policy Research Council LDP dan Wakil Menteri Luar Negeri  Jepang, Fumio Kishida di Tokyo, Senin 25 Sept 2017. Selain itu Menko Puan dan Nishimura Yasutoshi, juga membahas mengenai situasi Korea Utara yang diharapkan kedepan ini dapat semakin kondusif untuk menciptakan keamanan dan stabilitas dunia. []


(foto: Okezone)