Kesetaraan Pendidikan Bagi Anak Disabilitas
  • 320
  • 0
  • 0
  • 0

Unesa sebagai lembaga pendidikan tertinggi di Jawa Timur tidak memandang siapapun yang berkeinginan untuk belajar tak terkecuali anak difabel. Tentunya penyandang difabel perlu perhatian khusus. Minggu (3/12) Unesa menggelar acara meriah yang diikuti seluruh anak disabilitas untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional serta rangkaian Dies Natalis Unesa ke-53.

Disela-sela sambutannya Rektor Unesa, Prof. Dr. Warsono, M.S., menegaskan Unesa memiliki tanggung jawab untuk menyediakan fasilitas belajar bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Warsono juga berharap lulusan Unesa yang mengambil jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) dapat berkontribusi mendidik anak berkebutuhan khusus dan bisa diterima di tengah masyarakat.

“Anak berkebutuhan khusus jangan pernah disampingkan, berilah perlakuan yang khusus dan pendidikan khusus untuk meningkatkan kepercayaan dalam diri anak tersebut”, ujarnya.

Anak disabilitas sudah dilindungi oleh undang-undang. Kesetaraan yang diberikan kepada anak disablitas harus sama dengan orang biasa. Oleh karena itu Unesa turut mengambangkan pendidikan anak disabilitas dengan memberikan fasilitas khusus dan kontribusi lulusan Unesa demi menjunjung rasa percaya diri pada anak disabilitas.