Kemenko Pmk Terus Mendorong Perempuan Untuk Aktif Di Bidang Politik
  • 268
  • 0
  • 0
  • 0

Kemenko PMK mendorong partisipasi perempuan untuk aktif di bidang politik dan pemerintahan. “Kami dari Kemenko PMK akan menyiapkan para perempuan potensial melalui pendidikan politik dan penyiapan mental serta finansial” jelas Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK Sujatmiko.

 

Selanjutnya, dibutuhkan dukungan dari masyarakat agar perempuan yang potensial dapat maju dan aktif di bidang politik dan pemerintahan. “Yang terpenting sekarang ini adalah memunculkan sosok perempuan potensial yang berasal dari dukungan masyarakat. Masyarakat dan partai politik juga harus diedukasi terlebih dulu agar membuka kesempatan kepada perempuan yang mau berkiprah” tambah Sujatmiko.

 

Menurutnya, Pemerintah saat ini terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan peran perempuan di bidang politik melalui peningkatan kapasitas perempuan, peningkatan pemahaman masyarakat tentang pentingnya keterwakilan perempuan di bidan politik, dan upaya fasilitasi pemenuhan minimal 30 persen keterwakilan perempuan.

 

Berdasarkan hasil Pemilu Legislatif tahun 2014, hanya 97 orang perempuan atau 17,3 persen yang duduk sebagai anggota DPR. Jika dibandingkan dengan Pemilu Legislatif tahun 2009, maka jumlah ini mengalami penurunan. Pada Pemilu Legislatif tahun 2009, terdapat 103 orang perempuan atau 18,2 persen yang duduk sebagai anggota DPR.

 

Untuk itu, Kemenko PMK terus mendorong kaum perempuan untuk dapat berpartisipasi aktif di sektor politik dan pemerintahan. Diharapkan perempuan yang aktif di sektor politik dan pemerintahan dapat bekerja sesuai dengan amanah dari rakyat. “Berpartisipasi aktif mengawal kebijakan dan kerja pembangunan. Mereka juga harus mampu jadi sosok teladan bagi perempuan lain, misalnya tidak korupsi atau jadi oknum yang menyalahgunakan wewenangnya” pungkas Sujatmiko. [Ar/dbs]

 

Sumber foto : mediagaruda.co.id