Keanekaragaman Indonesia Harus Jadi Kekuatan Untuk Persatuan Bangsa
  • 289
  • 0
  • 0
  • 0

Menko PMK Puan Maharani menegaskan bahwa keanekaragaman yang dimiliki oleh Indonesia harus menjadi kekuatan untuk semakin memperteguh persatuan dan kesatuan Indonesia. “Kita Tidak Sama, tetapi Kita Kerja Bersama dalam membangun Indonesia sebagai rumah bersama yang sejahtera, berkemajuan dan berkebudayaan” tegas Menko Puan ketika menghadiri pembacaan deklarasi damai di Merauke (28/10).

 

Dalam acara pembacaan deklarasi damai ini, dilaksanakan juga Gerakan Pemuda Membaca Kitab Suci Lintas Agama. Kegiatan yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga di GOR Hiad Sai Trikora Merauke ini diapresiasi oleh Menko Puan. “Saya mengapresiasi atas terselenggaranya pembacaan kitab suci oleh para pemuda lintas agama, semoga kegiatan ini dapat memperteguh persatuan dan kesatuan Indonesia, apalagi ini bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda” jelas Menko Puan.

 

Pembacaan kitab suci dari lintas agama ini merupakan upayan yang dilakukan oleh pemuda lintas agama untuk membangun tiga hal utama: rasa saling percaya, saling memahami, dan saling membangun kehidupan bermasyarakat dengan landasan Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila. “Marilah kita menyadari, meyakini, dan menyampaikan kepada lingkungan terkecil kita, mulai dari anggota keluarga, tetangga, masyarakat bahwa kemajemukan merupakan anugerah Tuhan bagi bangsa Indonesia” pungkas Menko Puan.

 

Indonesia memiliki 714 suku bangsa serta 1.100 bahasa yang tersebar di lebih dari 17.000 pulau. Hal ini merupakan suatu anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa dan harus dijadikan sebuah peluang untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan Indonesia sehingga dapat memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan dan citra Indonesia baik di dalam maupun di luar negeri. [Ar/dbs]

 

Sumber foto : mediagaruda.co.id