Jokowi: Keberagaman Tak Lantas Membuat Indonesia Terpecah Belah
  • 366
  • 0
  • 0
  • 0

Jakarta - Presiden Joko Widodo memaparkan jika keberagaman yang ada di Indonesia tidak akan membuat bangsa Indonesia terpecah belah. Hal tersebut diutarakan Jokowi saat membuka World Peace Forum (WPF) di Istana Negara, Jakarta, Selasa (1/11/2016).

 "Keberagaman tak lantas membuat Indonesia terpecah belah. Itu karena Indonesia memiliki Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Pancasila merupakan ideologi bangsa, cara berpikir dan bertindak, panduan hidup bangsa kami dalam melangkah maju," ujar Jokowi.

 Sementara Bhinneka Tunggal Ika, lanjut Jokowi, adalah sebuah pepatah lama di Indonesia yang artinya Berbeda-Beda Tetapi Tetap Satu, dan inilah yang selalu menjadi pegangan kami.

 World Peace Forum merupakan konferensi tingkat internasional yang diselenggarakan setiap dua tahun oleh Centre for Dialogue and Cooperation among Civilizations (CDCC) bekerja sama dengan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Indonesia dan Cheng-Ho Multicultural Education Truss, Malaysia.

 Acara yang diselenggarakan pada tanggal 1 hingga 4 November 2016 ini mengambil thema umum "One Destiny, One Humanity, One Responsibility" atau “Satu Tujuan, Satu Kemanusiaan, Satu Tanggung Jawab.”

 Pembukaan tersebut juga turut dihadiri Menko PMK Puan Maharani, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Ketua MPR Oesman Sapta, mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao, Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik, dan para Duta Besar Negara-Negara Sahabat lainnya.