Jalan Penghubung Dua Kecamatan Fasilitasi Akses Warga Desa Purwakarta
  • 322
  • 0
  • 0
  • 0

Seperti nilai-nilai dalam meyongsong revolusi mental, dalam hal ini gerakan Indonesia melayani. Akhirnya masyarakat di desa Wanawali, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta ,Jawa Barat, terutama para petani yang memiliki lahan pertanian dilintasan TMMD bersykur, karena program pembangunan melalui TMMD ke 100 berakhir, sehingga kini aksesnya semakin mudah.

Selain itu, perekonomian masyarakat juga terbantu dengan adanya akses jalan penghubung antar dua Kecamatan tersebut. Masyarakat yang berada di Kecamatan Cibatu dan Kecamatan Kiarapedes, menggunakan jalur itu untuk kepentingan perniagaan, yang berdampak terhadap taraf perekonomian masyarakat meningkat.

Maman Suherman (50), salah seorang petani di Desa Wanawali, mengaku dengan adanya akses jalan yang dibangun melalui TMMD memudahkan petani untuk menjual hasil pertaniannya. Jika sebelum adanya jalan penghubung sangat menyulitkan masyarakat karena jalan yang ditempuh harus memutar cukup jauh.

"Terima kasih kepada TNI dan Pemerintah Daerah yang sudah membangun jalan, sekarang mah menjual hasil panen ke kota tidak sulit karena sudah ada jalan yang memadai," ujar Maman, Rabu (1/11/2017).

Di tempat yang sama, Kepala Desa Wanawali Edin mengaku, masyarakat Wanawali begitu antusias memiliki akses jalan penghubung, bahkan hampir setiap sore jalan yang baru selesai dibangun tersebut dijadikan tempat berkumpul para remaja.Selain para remaja sejumlah orang tua pun sengaja mengajak anak-anak nya menikmati suasana sore di jalan tersebut.

"Hampir setiap sore masyarakat disini sengaja main,ada yang pakai kendaraan roda dua, ada juga yang pakai sepeda.Kami mengucapkan terimakasih karena Desa Wanawali tidak lagi menjadi Desa terisolir," kata Edin.[]