Inilah Kapten Pilot Wanita Pertama Garuda Indonesia
  • 297
  • 0
  • 0
  • 0

Beberapa hari terakhir, nama Ida Fiqriah menjadi sorotan berbagai media dan perbincangan hangat netizen. Ini karena prestasi Ida yang sangat mengesankan dan mengagumkan. Siapa sih Ida Fiqriah? dikutip dari laman brilio.net, Ida merupakan seorang kapten pilot wanita pertama untuk maskapai penerbangan Garuda Indonesia. 


Ida resmi dijadikan kapten pilot setelah kinerjanya dinilai sangat mengagumkan. Ia telah mencapai jam terbang sebanyak 10.585 jam baik untuk penerbangan lokal maupun internasional. Tak tanggung-tanggung, wanita cantik ini diangkat sebagai kapten pilot untuk pesawat jenis Boeing B737-800 NG (narrow body aircraft).


Pada hari Rabu (05/04/2017) Ida remis dikukuhkan sebagai kapten pilot wanita pertama oleh Direktur Operasi Garuda Indonesia, Capt. Novianto Herupratomo. Pengukuhan ini sendiri dilakukan di Gedung Garuda Sentra Operasi (GSO), Cengkareng, Jawa Barat.


Mengenai sosok Ida Fiqriah, ia adalah pilot wanita yang berkarir bersama Garuda Indonesia sejak tahun 1999. Sedikitnya selama 18 tahun Idan bekerja dengan baik bersama maskapai penerbangan ini. Saat pertama kerja, Ida memulainya dengan posisi First Officer (FO) atau kopilot. Dari tahun ke tahun selanjutnya, karirnya semakin baik dan ia diangkat sebagai pilot juga kapten pilot wanita. 


Wanita lulusan dari Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (SPTI) Curug, Tangerang, ini dikenal sebagai pilot yang ramah dan penuh kharisma serta memiliki integritas dan etos kerja yang baik. Selama karirnya, Ida telah menerbangkan berbagai jenis pesawat. Ia juga telah melakukan perjalanan domestik hingga luar negeri. Tahun 2005 Ida memang mengalami insiden tergelincirnya Pesawat Garuda Indonesia di Bandara Hasanuddin, namun keahliannya tetap dinilai mengesankan.


Pengukuhan sebagai kapten pilot yang dilakukan pada Ida bulan ini tentunya dilakukan bukan tanpa alasan. Bertepatan dengan Hari Kartini, Garuda Indonesia ingin menunjukkan bahwa semua orang termasuk wanita berhak mencapai prestasi terbaik mereka dan memaksimalkan profesinya. []