Indonesia Melayani, Kemkominfo Bagikan Gratis 500 Kartu E-Money
  • 327
  • 0
  • 0
  • 0

Sebagai bagian dalam bentuk dari gerakan Indonesia Melayani, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) resmi meluncurkan uang elektronik (e-money) di Jakarta, Senin (30/10/2017). Ini merupakan persiapan aturan transaksi e-money di seluruh ruas tol Indonesia yang berlaku mulai besok, 31 Oktober 2017.

Pada tahap pertama, telah disiapkan 500 kartu e-money Kemkominfo yang dibagikan gratis kepada seluruh peserta upacara bendera Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 89 di Lingkungan Kemkominfo. E-money Kemkominfo edisi Perdana ini bertajuk Palapa Ring.

Pembagian kartu secara gratis ini merupakan bagian dari dukungan terhadap kebijakan Presiden Joko Widodo dalam menggalakkan gerakan transaksi non-tunai.

"Sebanyak 500 kartu e-money dibagikan dalam rangka mendukung pemakaian uang elektronik untuk bayar tol, kereta, dan berbagai pelayanan publik lainnya. Ini menunjukkan kita mendukung semua program di kementerian/lembaga secara bersama-sama," ujar Menkominfo Rudiantara dalam pidatonya.

Sebelumnya, Badan Pengatur Jalan Toll (BPJT) sudah mengumumkan bahwa pada 31 Oktober 2017, segala gerbang tol mulai menerapkan transaksi non-tunai. Dengan kata lain, pengguna mesti memiliki kartu e-money bagi dapat memakai jalan tol, tak mampu lagi memakai uang tunai.

Data BPJT Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) per 25 Oktober 2017 mencatat penerapan transaksi nontunai di gerbang tol kini sudah mencapai 91 persen.

Perubahan menjadi sistem non-tunai itu diharapkan bakal mampu mengurai atau mengurangi kemacetan akibat antrean kendaraan masuk ke jalan tol.

"Pemerintah ingin memberikan layanan lebih baik, jadi cara membayarnya diubah menggunakn teknologi e-money," terang Rudiantara.

“Pasti mulai terjadi peningkatan layanannya yg cepat. Antrean juga mampu dikurangi secara signifikan di pintu tol," imbuhnya.

Kartu e-money yang dibagikan oleh Kemkominfo tersebut merupakan terbitan Bank Mandiri. Masing-masing kartu dikatakan telah memiliki saldo Rp 130.000 [Is]

Sumber: http://tekno.kompas.com