Gotong Royong Dalam Upaya Normalisasi Drainase Dilakukan Oleh Pemerintah Kota Batam
  • 303
  • 0
  • 0
  • 0

Batam – Upaya menormalisasi drainase terus digalakkan oleh Pemerinta Kota Batam. Hal ini dilakukan dalam rangka untuk meniminalisir titik-titik banjir.

Kegiatan yang tentunya memberikan dampak positif ini ditunjukkan melalui kegiatan gotong royong yang dilaksanakan dua pecan berturut-turut. Gotong royong merupakan nilai penting dalam Gerakan Nasional Revolusi Mental.

Di setiap titik banjir, pegawai Pemerintah Kota Batam bersama unsur aparat keamanan membersihkan saluran air dari faktor penyumbat seperti sampah.

Selain mengangkut sampah dari gorong-gorong, tim juga menghancurkan bangunan yang menutupi drainase. Seperti kios yang berdiri di atas drainase samping Komplek Jodoh Square, Jodoh.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi yang terjun langsung ke lapangan mengimbau pihak pengembang yang ada di Batam untuk membangun saluran air dengan baik sehingga aliran air ke drainase utama bisa lancar.

Selain goro tingkat kota, pada saat yang sama juga digelar goro tingkat kecamatan dan kelurahan. Pada tingkat kecamatan dan kelurahan, tak hanya pegawai dan unsur TNI dan Polri, masyarakat juga turut terlibat dalam proses pembersihan lingkungan khususnya drainase.

Rudi pun berharap kegiatan yang awalnya dilaksanakan pegawai Pemkot ini bisa menjadi penggerak motor kebersihan seluruh masyarakat Kota Batam. Partisipasi masyarakat pun tak luput mendapatkan apresiasi darinya

"Kami mengapresiasi dan berterimakasih kepada masyarakat yang telah ikut turun membantu kegiatan gotong royong ini. Karena kebersihan Batam ini pada dasarnya merupakan tanggungjawab kita bersama, seluruh masyarakat Kota Batam. Kalau kita bahu-membahu membersihkan lingkungan, dan menjaga lingkungan yang sudah bersih, maka tentu Batam akan lebih baik dan nyaman untuk tempat tinggal," ujarnya.

Revolusi mental yang ditunjukkan oleh pemerintah kota dan masyarakat Batam tentunya memberikan dampak yang baik dalam menciptakan lingkungan yang sehat di kota Batam dan dapat menjadi contoh yang baik untuk seluruh warga negara Indonesia dalam mengaplikasikan Gerakan Indonesia Bersih.