Gerakan Rusun Bersih Pulo Gebang, Wujud Revolusi Mental Terhadap Lingkungan
  • 303
  • 0
  • 0
  • 0

Jakarta – Dalam rangka menggalakkan masyarakat agar lebih peduli dengan lingkungan sekitar serta melaksanakan Gerakan Nasional Revolusi Mental, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan i-News TV melakukan aksi berupa Gerakan Rusun Bersih di Rusun Pulo Gebang, Jakarta (06/11).

Gerakan Rusun Bersih Pulo Gebang melibatkan delapan RT di Rusun Pulo Gebang mulai dari blok A sampai dengan H atau sekitar 650 kepala keluarga di Rusun Pulo Gebang ini.

Hadir dalam gerakan ini, Ir Iwan Eka Setiawan, M.Sc selaku Asisten Deputi Nilai dan Kreativitas Budaya Kemenko PMK, Drs H. Isnawa Adji M.Ap selaku Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Camat Kecamatan Cakung Alamsyah, Bang Arifin selaku Kadis Perumahan dan Gedung Pemda beserta jajarannya.

Iwan Eka Setiawan dalam kesempatannya mensosialisasikan Gerakan Nasional Revolusi Mental ini mengatakan, fokus nyata dalam Gerakan Rusun Bersih adalah menerapkan pola hidup sehat dan bersih serta adanya perubahan perilaku dan cara hidup warga Rusun Pulo Gebang.

“Gerakan ini diharapkan mendorong warga Rusun Pulo Gebang ini untuk lebih peduli dengan lingkungan sehingga menciptakan lingkungan yang bersih dan tertib. Tertib dalam penggunaan ruang-ruang publik dan menjaga lingkungan agar tetap bersih sehingga terciptanya lingkungan yang sehat,” ujarnya.

Gerakan Rusun Bersih merupakan bagian dari Gerakan Indonesia Bersih yang menjadi nilai dari Revolusi Mental.

“Gerakan ini merupakan wujud nyata dari Revolusi Mental. Dimana merubah sesuatu dari yang tidak baik menjadi baik. Sebagai contoh bisa dimulai dari aparatur negara yang lebih melayani dengan baik. Sekarang tinggal merubah mindset warga saja supaya perubahan itu bisa berjalan beriringan menuju ke arah yang lebih baik,” tambahnya.

Iwan mengungkapkan, ada tiga nilai strategis Revolusi Mental. Pertama, integritas yang mengacu pada kejujuran, dapat dipercaya, berakhlak mulia, bertanggungjawab dan konsisten. Kedua, etos kerja yang mengacu pada peningkatan daya saing, optimistis, inovatif, produktif, dan berjiwa patriot. Dan yang terakhir, gotong royong adalah cara kerja sama di dalam menyelesaikan setiap masalah, solidaritas, perilaku tolong menolong, komunal, berorientasi pada kemaslahatan dan nasionalis.

Iwan mengimbau seluruh masyarakat Indonesia aktif berpartisipasi dalam gerakan Revolusi Mental. "Sebab, peran aktif seluruh masyarakat sangat diperlukan untuk bergerak serentak sebagai gerakan nasional," jelasnya.

Diharapkan, setelah Gerakan Rusun Bersih Pulo Gebang‎ ini, berdampak pada kesadaran warga akan pola hidup sehat dan bersih. "Dan segera melakukan aksi nyata revolusi mental dalam gerakan bersih dan tertib di lingkungan bersih," tutupnya.

Gerakan Rusun Bersih Pulo Gebang ini turut dimeriahkan oleh penampilan dari warga Rusun Pulo Gebang, seperti penampilan seni tari Yapong, pidato bahasa Inggris, penyanyi solo hingga hiburan yang menampilkan musik rakyat yaitu dangdut. Tak ketinggalan pameran kerajinan UMKM warga Rusun Pulo Gebang hingga sosialisasi mengenai Bank Sampah.