Gagarin Nathaniel, Si Atlet Renang Sarat Prestasi
  • 271
  • 0
  • 0
  • 0

Indonesia telah banyak meraih kemenangan di ajang SEA Games Kuala Lumpur 2017. Salah satunya adalah perolehan medali emas yang didapat berkat kegigihan dan kerja keras seorang atlet bernama Gagarin Nathaniel Yus. Gagarin merebut medali emas nomor 100 meter gaya dada putera dengan catatan waktu 1:01.76. Ia mengatasi atlet Filipina, James Deiparine (1:02.11) yang mendapat medali perak, serta  Radomyos Matjiur dari Thailand yang mendapat perunggu dengan catatan waktu 1:02.24.

"Rasanya lega sih karena ini kan pengalaman pertama saya (meraih medali emas SEA Games). Sebelum SEA Games, saya memang ditargetkan dapat emas dan ternyata bisa memenuhinya," imbuh Gagarin yang juga menggemari dunia fotografi.

Sebelumnya, Gagarin juga tercatat memecahkan rekor di nomor 200 meter gaya dada putra dengan catatan waktu 2:15.35 detik di Jakabaring Akuatik Stadium Palembang, bulan Mei lalu. Tak berhenti sampai di situ, Gagarin juga meraih medali emas pertama pada ajang Islamic Solidarity Games (ISG) 2017 di Baku Aquatics Centre, Azerbaijan. Di ajang itu ia berhasil mencatat waktu tercepat 2:17.23.

Di tengah kesibukannya mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, sosok cerminan Indonesia Mandiri ini juga masih tekun mengemban dunia perkuliahan. Menurutnya kuliah itu perlu untuk persiapan masa depan saat pensiun dari atlet. “Atlet tidak akan punya masa depan jika berjuang dengan setengah-setengah,” begitu tandas mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Jakarta itu.