Dua Srikandi Muda Taklukan Puncak Gunung 6 Benua
  • 294
  • 0
  • 0
  • 0

Srikandi Muda, kurang lebih julukan itu tepat diberikan kepada dua mahasiswi asal Universitas Parahyangan (UNPAR) yang berhasil menaklukan enam dari tujuh puncak gunung dunia. Siapa yang tak bangga melihat pemuda ini, terlebih dengan cucuran keringatnya mereka melakukan kegiatan hiking yang identik dengan aktivitas fisik berat, dikategorikan sebagai extreme sports. Mencapai puncak gunung juga bukan hal yang mudah, butuh persiapan fisik, mental, dan perlengkapan yang tidak semua orang mampu lakukan. Bahkan seringkali dalam menaklukkan puncak, nyawa kita dipertaruhkan. Namun fakta-fakta menakutkan tersebut tidak menjatuhkan mimpi kedua mahasiswi tersebut.

Adalah Mathilda Dwi Lestari (Hilda) dan Fransiska Dimitri Inkirawang (Deedee) berhasil menapakkan kakinya di puncak gunung tertinggi di 6 benua. Perjalanannya itu dalam rangka melanjutkan program rangkaian pendakian gunung tertinggi di tujuh benua (seven summits). Keenam gunung yang telah mereka capai adalah Gunung Carstensz di Indonesia (Asia), Gunung Elbrus di Rusia (Eropa), Gunung Kilimanjaro di Tanzania (Afrika), Gunung Aconcagua di Argentina (Amerika Selatan), Gunung Vinson Massif di Kutub Selatan (Antartika), dan Gunung Denali di Alaska (Amerika Utara)

Bahkan, keberhasilan Hilda dan Deedee mencapai puncak Gunung Denali, membawa mereka sebagai mahasiswi pertama yang sampai di sana. Dari data yang ditelusuri oleh Mahilata, keduanya diklaim sebagai perempuan pertama Indonesia yang mencapai puncak gunung yang memiliki ketinggian 6.190 Mdpl itu. Menuju Gunug Denali, Hilda dan Deedee memulai pendakiannya pada 19 Juni 2017, hingga pada 1 Juli pukul 19.40 waktu setempat keduanya berhasil mengibarkan bendera merah putih dan membunyikan angklung di sana.

Tak puas berhenti sampai di situ, sebagai rangkaian penutup, rencananya Hilda dan Deedee akan mendaki Gunung Everest, yang berada di perbatasan Nepal dan Tibet. Perjalanan itu rencananya dilakukan pada 2018 mendatang. [An]

 

(sumber foto: Detik)