DIES NATALIS 77 TAHUN FIB UI : Kebhinnekaan, Persahabatan, dan Toleransi
  • 323
  • 0
  • 0
  • 0

Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia menyelenggarakan acara Dies Natalis ke-77 dengan tema “Kebhinekaan, Persahabatan, dan Toleransi” di Auditorium Gedung IX pada tanggal 5 Desember 2017. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya adalah salah satu fakultas yang paling beragam di Universitas Indonesia. Saat ini, terdapat lima belas program studi dan tujuh departemen yang berada di bawah Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Dari lima belas program studi, sembilan program studi menawarkan pengajaran bahasa asing, yang tentunya juga mengajarkan kebudayaan bahasa sasaran (Arab, Korea, Belanda, Cina, Inggris, Jepang, Jerman, Prancis, dan Rusia). Selain mempelajari budaya bahasa sasaran, mahasiswa FIB juga mempelajari kebudayaan Indonesia. Tujuan mempelajari kebudayaan Indonesia adalah agar mahasiswa mampu mengidentifikasi corak-corak kebudayaan Indonesia dan menjelaskan dinamika kebudayaan Indonesia. Dalam pembelajaran bahasa asing, pengetahuan mengenai budaya sasaran merupakan syarat mutlak. Oleh sebab itu, dengan mempelajari kebudayaan diri sendiri dan ditunjang dengan pengetahuan tentang kebudayaan asing akan semakin memperkaya khasanah pengetahuan mahasiswa FIB.

Perayaan Dies Natalis tahun ini dimeriahkan dengan sederet rangkaian kegiatan, di antaranya berbagai Seminar Nasional maupun Internasional yang diselenggarakan oleh Sivitas akademika FIB UI, Pertunjukan Kethoprak Dosen dan Karyawan FIB UI, Lomba Karaoke untuk para dosen dan karyawan FIB UI, Kolokium Peneliti Muda FIB UI dalam pengembangan penelitian humaniora, Peluncuran buku-buku puisi karya Ibnu Wahyudi, Pameran Rempah Nusantara : Geliat Rempah Dalam Kebudayaan Indonesia, Pameran Tekstil, Pameran Bazar karya para Guru Besar FIB, dan Home Coming Day FIB UI .

Puncak Perayaan Dies Natalis ke-77 FIB UI digelar secara meriah di Auditorium Gedung IX pukul 09.00 WIB, acara dibuka oleh Dr. Adrianus L.G. Waworuntu, M.A (Dekan FIB). Dalam acara Dies tahun ini juga terdapat Orasi Ilmiah yang disampaikan oleh Dr. Pudentia MPSS (Ketua Asosiasi Tradisi Lisan), pembacaan puisi Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono serta penghargaan pencapaian sepanjang masa untuk Prof. Dr. Sapardi Djoko Damono. Selain itu, para tamu undangan dihibur dengan tarian dari Mantan Penari Guruh Sukarno Putra & Kinarya GSP. Acara perayaan diisi pula dengan penyerahan berbagai penghargaan, di antaranya penghargaan bagi tenaga pendidik dan kependidikan yang telah memasuki masa Purnabakti, penghargaan Purnatugas, Mahasiswa Berprestasi, dan Lomba Karya Ilmiah Program Studi. Acara ditutup dengan penampilan Ari Reda.


Sumber: fib.ui.ac.id